Postingan

Menampilkan postingan dari 2006

Andai Bunda Bisa Memilih...

Gambar
Anakku,
Bila bunda boleh memilih
Apakah bunda akan berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu
Maka bunda akan memilih mengandungmu...
Karena dalam mengandungmu bunda merasakan keajaiban dan kebesaran Allah
Sembilan bulan nak... engkau hidup di perut bunda
Engkau ikut kemanapun bunda pergi
Engkau ikut merasakan ketika jantung bunda berdetak karena kebahagiaan
Engkau menendang dinding rahim bunda ketika engkau merasa tidak nyaman, karena bunda kecewa dan berurai air mata

Anakku,
Bila bunda boleh memilih
Apakah bunda harus operasi caesar atau bunda harus berjuang melahirkanmu
Maka bunda akan memilih berjuang melahirkanmu
Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu
Adalah seperti menunggu antrian panjang memasuki salah satu pintu surga
Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar dunia sangat bunda rasakan
Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua
Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,
Yang sakitnya tak akan pernah bisa bunda…

Catatan Yang Tertunda

Gambar
Nih, catatan selama cuti yang gak sempat di arsipkan di catatan bunda :D

24 Agustus 2006
Hari ini bunda ajukan permohonan cuti, TMT 24 Agustus s/d 24 November 2006. Horeee.. libur panjaaaang! Sambil menanti kedatangan sang bidadariku... :))

28 Agustus 2006
Minggu ke-38 Kehamilan. Kok si dedek masih betah ya di dunianya.. Padahal ada temen bunda yang dah lahiran minggu ke-36. Makanya hari ini bunda periksa ke DSOG, dan alhamdulillah kata dokter semuanya baik-baik aja. Trus dokter dah kasih surat pengantar ke RS. St.Khadidjah, biar ntar kalo ke rumah sakit nanti mereka dah tauk kalo bunda pasiennya Dr. Elson gitoh..

4 September 2006
Minggu ke-39 Kehamilan. Dedek kok belum nongol2 juga? Dedek sayang... keluar dong, ayah dan bunda dah gak sabaran pengen ketemu...

11 September 2006
Minggu ke-40 Kehamilan. Hari ini due datenya! Masih blom ada tanda-tandanya nih! Dari pada "binung" sendiri, bunda kontrol ke DSOG lagi! Dokter bilang santai aja.. bayinya sehat, bunda juga sehat. Dedeknya mas…

Bidadari Kecilku Telah Hadir ...

Gambar
Alhamdulillah, setelah sekian lama off (kurang lebih 3 bulan ya?), akhirnya hari ini bisa buka bloger lagi. Sebelumnya bunda mohon maaf karena kemarin gak sempat pamit waktu mau cuti *maen kabur aja, hehe*.

Trus, bunda sekeluarga juga ngucapin terima kasih buat semua dan semuanya yang udah mampir disini, udah titip pesan, makasih atas ucapan dan doanya.
Dan sekarang karena masa cuti udah habis, jadi udah mulai ngantor lagi dan bisa bloging lagi, soalle postingnya numpang dijaringan kantor :P

O, iya.. selama 3 bulan sejak posting terakhir, banyak catatan bunda yang gak sempat di posting disini, insya Allah nanti diceritain deh utamanya saat proses kelahiran si dedek. Pasti dah banyak yang nunggu kisahnya (deuhh..:D)

Tapi sekilas info aja, bidadariku lahir dengan persalinan normal pada hari Rabu, 13 September 2006, Jam 05.30 di Rumah Sakit Bersalin St. Khadijah Gorontalo pada usia kehamilan 40 minggu + 1 hari, dengan berat lahir 3800 gram, panjang 52 cm, sehat walafiat dan di beri nama AULI…

Minggu Ke-36 Kehamilan

Saat ini bunda lagi menghitung hari, menanti detik-detik terindah sebagai seorang wanita. Yup, dah 36 minggu, gak lama lagi buah hati ayah dan bunda nantikan selama ini akan segera hadir.. Kalau bayangin kehadiran si dedek, rasanya semua kecemasan dan kekhawatiran dalam mengahadapi proses persalinan segera ilang.. Moga aja rasa sakit setiap kontraksi saat persalinan nanti akan hilang dengan membayangkan kehadiran dedek.. (insya Allah)

Minggu ke-36 ini, gak ada keluhan yang bunda rasain, hanya setiap saat dedek selalu aktif bergerak, menendang, menari kayak kupu-kupu.. :)) Dan hampir setiap saat ayah dan bunda selalu ngobrol dengan dedek, ngobrol apa aja. Bunda selalu bilang ama dedek, kalo nanti dedek keluar jangan nyusahin bunda ya.. hehehe.

Rencananya bunda akan melahirkan di Rumah Sakit Bersalin Siti Khadijah Gorontalo. Dan saat ini bunda dah siap jika sewaktu2 dedek akan keluar. Semua perlengkapan bunda dan dedek dah siap di dalam tas. Ayah dan bunda tak henti2nya berdoa semoga pros…

Menghadapi Proses Persalinan (2)

Tips Atasi Nyeri Saat PersalinanSetiap proses bersalin sulit dilepaskan dari rasa nyeri yang selalu menyertainya. Mengapa muncul rasa nyeri ini? Ternyata, nyeri bersalin berasal dari gerakan (kontraksi) rahim yang berusaha mengeluarkan bayi keluar. Jadi rasa nyeri ini memang harus ada agar bayi dapat keluar dengan lancar dan selamat.
Selain rasa nyeri yang terasa di seluruh bawah perut, seringkali ibu juga merasakan sakit punggung. Yang terakhir ini timbul karena kepala bayi yang menekan tulang belakang seiring perjalanannya keluar dari rahim sepanjang jalan lahir.

Kenapa timbul nyeri bersalin?
1. Gerakan kontraksi rahim menyebabkan otot-otot dinding rahim mengerut, menjepit pembuluh darah, sehingga timbul nyeri.
2. Vagina (jalan lahir) dan jaringan lunak di sekitarnya meregang, sehingga terasa nyeri.
3. Keadaan mental si ibu (ketakutan, cemas, khawatir atau tegang), serta hormon prostaglandin yang meningkat sebagai respons terhadap stres.

Untuk mengatasi rasa nyeri saat persalinan ini, cob…

Menghadapi Proses Persalinan (1)

Mengingat kehamilan bunda dah 35 minggu, berarti gak lama lagi bunda akan menghadapi proses persalinan. Karena ini merupakan kehamilan pertama, bunda seneng tapi juga cemas ngebayangin gimana proses persalinan nanti. Berikut ini beberapa tips dan petunjuk dalam menghadapi proses persalinan. Kali aja info ini bermanfaat bagi calon bunda yang lain ...
Tanda-tanda Persalinan
Persepsi awam umumnya menyamakan dimulainya proses kelahiran dengan rasa sakit dan bersalin. Namun, kadang-kadang rasa sakit ini tidak segera muncul meskipun proses persalinan sudah mulai. Karena itu, perlu diketahui tanda-tanda persalinan lainnya. Yang terutama dijumpai adalah:
1. Keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir.
Keluarnya lendir ini terjadi akibat terlepasnya gumpalan lendir yang selama kehamilan menumpuk di sekitar leher rahim, diikuti terbukanya pembuluh darah kapiler serta pergeseran antara selaput ketuban dengan dinding dalam rahim.
2. Penipisan dan pendataran leher rahim (hanya dapat diketahui lewat …

Persiapan Menyusui

Brubung saat ini bunda sedang dalam masa menghadapi proses persalinan, jadi kudu rajin browsing nyari artikel tentang persiapan persalinan. Salah satunya persiapan menyusui, karena bunda pengen ngasih ASI Eksklusif buat si dedek nanti... insya Allah..
Sip, brikod ini ada beberapa langkah yang bisa sedini mungkin dilakukan untuk persiapan menyusui. Artikel ini bunda dapet via om goole :P. Semoga bermanfaat yaa...

Latihlah otot-otot badan yang berfungsi menopang payudara serta menunjang produksi ASI. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan duduk bersila di lantai. Tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri, tangan kiri memegang bagian lengan bawah kanan. Angkat kedua siku sehingga sejajar pundak. Tekan pegangan tangan kuat-kuat ke arah siku sehingga terada adanya tarikan pada otot dasar payudara.
Jagalah kebersihan diri sehari-hari termasuk payudara. Setiap mandi puting susu dan sekitarnya tidak disabuni untuk menghindari keadaan kering dan kaku.
Lakukan persiapan agar puting susu lent…

Minggu Ke-35 Kehamilan

Yup! Kehamilan bunda sekarang dah 35 minggu. Kalo kayak buah, udah mateng-matengnya nih :D. Kondisi bunda dan dedek saat ini baik2 aja. Yang bunda rasain sekarang perut seperti balon karet yang udah full anginnya. Kulit perut rasanya tegang seperti ditarik. Makanya saat ini keluhan utama bunda tiap saat adalah "GATAL". Bunda gak bisa jelasin gimana rasa gatalnya! Dan yang bikin "gemes" lagi, udah gatel tapi gak boleh di garuk! Padahal ini jari tangan udah gemes banget pengen menari2 di perut. duhh.. Udah diolesin macem2 sesuai saran temen ; pake baby oil, medigel, dikompres air hangat, tetaaaap gak ada yang ngalahin gatalnya. Saking gatelnya, kadang bunda meringis dan malah melampiaskan garukan tangan di perutnya si ayah.. Si ayah gak bisa protes perutnya di garuk karena gak tega juga liat bunda.. hikss.

Tadinya bunda sempat khawatir, koq tiba2 bisa gatel seperti ini, bunda takut ada efeknya ama si dedek. Tapi setelah bunda cari info, katanya reaksi seperti ini tid…

Kemarin...

Ada apa kemarin ...?
Iyah, seperti yang bunda bilang di postingan sebelumnya bahwa bunda rencana mau ke dokter. Nah, kemarin bunda emang ke dokter, tapi sebelum ke dokter bunda yang ditemenin ayah (harus donk! :P) jalan2 dulu. Pertama ke supermarket Karsa Utama Gorontalo untuk belanja keperluan bulanan sekalian beli tambahan perlengkapan persiapan persalinan bunda dan dedek.

Abis itu, kita mampir ke "RM. Mas Jampang". Rumah makan favorit ayah, soalle mie baksonya enak. Eh.. gak tauknya disitu surprise banget! Gak nyangka bunda bisa ketemu temen lama si "Anggrek Bulan" alias Lyan.. si ibu Dosen yang imoet hehehe. Terakhir kita ketemu akhir taon 2003.. saat itu masih blom nikah. Dan sekarang, Lyan dah punya anak dan bunda lagi hamil 8 bulan... weew.. Selama ini sih sering komunikasi tapi cuman via telpon or SMS-an aja. Padahal kita tinggalnya satu kota, tapi susyaaahh banget ketemunya. Pernah janji mau ketemu, ehh.. adaaa ajah halangan. Rasanya kita kayak wanita kari…

Minggu Ke-34 Kehamilan

Gambar
34 minggu telah berlalu tanpa terasa.. Syukur alhamdulillah bunda dan dedek sehat-sehat aja.
Pada kehamilan minggu ini perut rasanya makin berat. Tapi anehnya kalo lagi dibawa berjalan gak terlalu terasa beratnya, justru beratnya terasa disaat bunda lagi bobok. Perut rasanya seperti kantong air yang susah dibawa miring kekiri dan kekanan. Posisi tidurpun jadi kurang nyaman, jadinya kadang susah tidur. Yang bunda rasa paling nyaman untuk tidur dengan posisi miring ke kanan menggunakan guling/bantal diantara kaki. Bantalnya sampe susun 3 baru terasa nyaman. Kalo miring ke kiri punggung cepat merasa capek dan kadang nafas jadi sesak..

Trus, sekarang lebih sering pipisnya. Kadang belum 5 menit setelah pipis dah pengen pipis lagi. Ada yang saranin katanya kalo mau tidur minumnya di kurangin. Tapi jangankan dikurangin, justru disaat tidur bunda terbangun karena merasa sangat haus. Sekali minum 1 botol aqua bisa habis.

Kadang bunda sirik juga ngeliat si ayah yang lelap banget tidurnya.. Kalo b…

Persiapan Persalinan

Saat minggu-minggu terakhir kehamilan rasanya makin deg-degan aja. Apalagi untuk kehamilan anak pertama kayak bunda. Meskipun kata DSOG perkiraan hari lahir tanggal 22 Agustus 2006, tapi kadang perkiraan itu tidak dapat dipastikan. Kalo menurut pengalaman teman2kantor bunda, banyak yang melahirkan diminggu ke-35. Berarti kalo sesuai usia kehamilan bunda, tinggal 2 minggu lagi..
Karena ini merupakan pengalaman persalinan yang pertama, bunda jadi sering bertanya ama temen, sering browsing artikel tentang persiapan persalinan. Yang pertama disiapkan tentunya barang-barang untuk persalinan yang akan dibawa kerumah sakit. Nah, apa aja yang perlu dibawa?
Untuk Bunda nih :
Baju tidur yang nyaman untuk di pakai. Sebaiknya yang mempunyai kancing di bagian depan sehingga mempermudah untuk menyusui si dedek nanti. Jumlahnya sesuai dengan rencana persalinan. Untuk persalinan normal atau alamiah biasanya 2 hari dan untuk persalinan operasi Caesar dibutuhkan 4-5 hari. Jadi dibawa sesuai kebutuhan aj…

Minggu Ke-33 Kehamilan

Diminggu ke-33 ini perut bunda dah makin buncit aja. Kalo kata bundanya Nabila udah kayak drum yang dibawa2 hehehe.. Iyah bener, badan jadi berat rasanya. Trus, diminggu ini bunda sering merasa mual (kayak lagi maag gituh), nafas jadi pendek dan ngos-ngosan. Apalagi kalo lagi baring, nafas jadi sesak...
Mungkin karena rahim yang makin besar mendorong diafragma atau paru2 sehingga nafas jadi lebih pendek :)
Kalo perkembangan si dedek diminggu ke-33 menurut info perkembangannya, otaknya semakin pesat berkembang dan sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Bayi sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila si dedek laki-laki maka testical bayi sudah mulai turun dari perut menuju scrotum. Berat badan si dedek 1800-1900 gram dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.(insya Allah).

Minggu Ke-32 Kehamilan

Alhamdulillah, kehamilan bunda dah masuk minggu ke-32. Si dedek semakin sering nendang, sampe perut bunda terasa mengeras tapi gak terasa sakit. Katanya ini yang namanya Braxton Hicks Contraction yang merupakan proses awal suatu kelahiran dimana leher rahim dah mulai terbuka.

Trus, saat ini bunda lebih sering merasa haus. Jadinya banyak minum air putih, apalagi kalo makan, minumnya bisa sampe 3-4 gelas jumbo deh. Dan lebih enak lagi kalo minum air es.. srluuppp... paling nyamaaan sedunia, hehehe! Tapi justru yang nyaman ini yang sering dilarang, katanya ntar dedeknya besar, ntar kandungannya jadi banyak cairan, pokokke banyak alasan. *Emang bener gak sih?*

Kalo si dedek menurut info perkembangannya diminggu ke-32 ini kuku dari jari mungil tangan dan kaki si dedek sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang. *insya Allah*. Berat badannya sudah mencapai 1.700-1750 gram dengan tinggi badan 40-42 cm.

O iyah, hari jumat kemarin bunda sempat kontrol kandungan…

Doa Syukuran Tujuh Bulanan

Gambar
Hari jumat kemarin bunda bikin acara tujuh bulanan. Acaranya sederhana. Kayak syukuran gitu deh. Gak ngundang orang sekampung :) Cukup om, tante, tetangga dan keluarga dekat aja.

Yah.. namanya acara tujuh bulanan anak pertama pasti ada acara "adat-nya". Sebenarnya sih bunda gak mau pake adat-adatan segala. Bukannya gak mau menghormati acara adat cuman males aja, soalle ribet banget. Harus ginilah..gitulah. Tapi ibu, tante, om pada protes. gak boleh katanya! Makanya acara kemarin tetap ada sesi adatnya cuman yang simple2 aja. Gak pake adat komplit *nasi goreng kali yaaa.. hehehe*

Kalo yang komplit sih mesti pake baju adat lagi kayak pengantin, trus ada sesi keliling rumah sampe 7 kali. *bunda gak ngerti ah*
Acara yang simple kemarin aja bunda rasa dah ribet. Mana si ayah juga bingung hehehe. Awalnya dibacakan doa selamatan oleh "pak ustadz", sementara "pernik-pernik" adatnya dah disiapin duluan oleh ibu ahli adatnya *kalo dalam bahasa Gorontalo disebut &quo…

Minggu Ke-31 Kehamilan

Gak terasa kehamilan bunda dah masuk minggu ke-31. Perut dah makin buncit nih :D, kalo jalan kayak orang sombong *hehehe*
Alhamdulillah, saat ini kondisi kesehatan bunda baik2 aja. Hanya sering merasa lapar dan kalo makan cepat merasa kenyang. Jadinya dalam sehari bisa 4-5 kali makan tapi dalam porsi kecil. Trus di kamar sekarang tersedia camilan, dari biskuit, roti, kripik, pokokke yang siap dikunyah kapan saja :)
Keluhan yang sering bunda rasain sekarang "capek". Baru beresin kamar aja nafas dah ngos2an. Akhirnya si ayah yang gantiin posisi jadi tukang beres2. Hehehe.. untuk sementara bunda jadi kayak sang putri... cieeeh.
O, iya.. semalam saat tidur tiba2 bunda terbangun karena perut bagian bawah rasanya sakit banget! Sakitnya sulit dijelasin. Apalagi pas bangun rasanya gerah! dan ternyata lagi mati lampu. Bunda langsung bangunin ayah. Si ayah jadi panik karena bunda meringis sakit sambil pegang perut. Hiksss.. Ayah nanya ada apa tapi bunda malah kesal dan minta ayah untuk n…

Minggu Ke-30 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Minggu ke 30 adalah saat yang indah untuk merasakan setiap tendangan dari bayi mungil anda. Mungkin anda akan merasakan perut anda seperti ada pertandingan sepak bola. Usahakan untuk tetap memperhatikan intensitas tendangan bayi apakah ada pengurangan jumlah tendangan atau tidak.
Pada dasarnya tendangan bayi sudah dapat dirasakan pada trisemester kedua tapi tendangan ini semakin lama semakin intensif tetapi anda tidak perlu khawatir apabila memang terkadang tendangan agak sedikit berkurang dan akan aktif kembali beberapa saat kemudian. Sebaiknya pilihlah waktu dimana saat bayi anda paling aktif kalau bisa lakukan setiap hari pada waktu yang sama. Selanjutnya ambillah posisi yang nyaman dan duduk dengan tenang lalu rasakan setiap tendangan. Berhati-hatilah apabila dalam waktu beberapa jam tidak ada tendangan atau kurang dari 5 tendangan, sebaiknya langsung hubungi dokter anda.
Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai be…

Imunisasi Kedua

Kemarin bunda ke puskesmas untuk Imunisasi TT (Tetanus Toksoid) yang ke-2. Bunda ditemenin ayah *sekarang kemana2 pasti berdua deh :P* Seperti biasa, setiap pemeriksaan harus nimbang BB dan diukur tekanan darahnya. BB bunda naik lagi! Sekarang udah 63 Kg! *Hiehiehie... suburrr* Trus, tensi darahnya 110/pp.
Abis itu, kandungannya diperiksa, alhamdulillah dedek baik2 aja. Tinggi fundus 24 cm. Denyut jantungnya teratur. Posisi kepala dedek dibawah. *Moga gak muter2 lagi yaaa.. biar gak samsung, eh salah, gak sungsang :D, soalle bunda pengen persalinan normal :)* Setelah imunisasi kedua ini, berarti imunisasi bunda selama hamil dah komplit deh!
Abis dari puskesmas, bunda gak masuk kantor. *boloss gituh loh :P* hehehe. Bunda malah ngajak ayah jalan2 naik bentor :D. Trus mampir di Pujasera, ayah yang pengen, katanya biar inget waktu taon baru 2005, waktu ayah datang nglamar bunda :P. Dan duduknya di meja no.13. Hiehiehie. Ayah pesan ayam bakar, dan bunda hmmm.. coto makassar.. srllupp..!
Abis…

Minggu Ke-29 Kehamilan

Gambar
Hai Nunieq Haryanto,
Terkadang pada malam hari dan siang hari anda juga akan merasakan tegang atau kesemutan atau rasa terbakar pada kaki dan betis anda. Gejala ini sering menyerang justru pada saat anda beristirahat atau bahkan pada saat anda hendak tidur anda tidak dapat menggerakan kaki anda. Tapi rasa ini hanya menyerang sementara apabila anda terbangun dan duduk atau mengubah posisi maka rasa itu akan hilang dengan sendirinya.
Mengurangi gejala kelelahan pada kaki ini dapat melakukan stretching pada kaki anda, mengompres kaki anda dengan air hangat dan air dingin, atau juga anda mandi dengan air dingin dan air hangat, memijat dengan pelan, melakukan latihan relaksasi. Selain itu juga hindari tidur-tiduran ditempat tidur, sebaiknya apabila anda benar-benar telah mengantuklah anda bisa berbaring dan tidur.
Sensitifitas dari bayi anda sudah semakin jelas, bayi sudah bisa mengidentifikasi perubahan suara, cahaya, rasa dan bau. Selain itu otak dari bayi sudah bisa mengendalikan nafas dan…

Gorontalo-ku Bersedih ...

Gambar
Saat ini kota gorontalo lagi bersedih...
Setelah hujan mengguyur kota gorontalo selama sepekan kemarin kini kota gorontalo terendam banjir yang mengakibatkan ribuan rumah terendam air. Hingga kemarin tercatat, 3.360 pengungsi yang ditampung di 20 posko yang ada.
Banjir kali ini disebabkan luapan Sungai Bone yang tidak mampu lagi menampung air hujan. Daerah paling parah yang dilanda banjir adalah Kelurahan Talumolo, Botu, Bugis, Padebuolo, Tamalate, Ipilo, dan Tenda yang terdapat di Kecamatan Kota Selatan dan Kota Timur.
Syukur, tempat bunda jauh dari daerah yang kebanjiran. Meskipun gitu, ayah dan bunda sempat menerima telpon dan sms dari family diluar daerah yang menanyakan kondisi keluarga di gorontalo. Untungnya pula, gak ada sanak family bunda yang berada di lokasi parah yang terkena banjir. Hanya ada beberapa teman yang saat ini sudah mengungsi karena rumahnya masih terendam banjir.

Dan sebelumnya, hari minggu pagi pukul 05.15 Wita, gorontalo sempat diguncang gempa Teknonik berkekuat…

Nuansa Hijau

Sip dah, bunda dah beberapa hari ini sibuk ganti sampul catatan bunda. Soalle sampul yang kemarin warna ijo kebiruan *kali ya* dah lusuh. Sekarang diganti dengan warna ijo, warna kesayangan bunda yang adem biar temens yang bukan catatan ini ikutan adem gitu loh. hehehe...
Ijo... ijoo.. ijooo.. asyiknya rame-rame! *kayak iklan rokok ajah* :P
Gimana temens? adem gak? ^_*

Minggu Ke-28 Kehamilan

Gambar
Hai Nunieq Haryanto,
Anda mungkin akan merasakan kalau pada kenaikan berat badan dikehamilan trisemester merupakan kenaikan berat badan terbanyak dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini menunjukan pertumbuhan yang baik karena menujukan bahwa bayi anda pun mengalami perkembangan dan kenaikan yang tepat. Peningkatan berat badan ini tidak akan membuat anda terlihat gendut karena kanaikan berat badan ini di distribusikan antara lain untuk bayi anda dan placenta, dan juga ke cairan ketuban bagi bayi anda, dan juga ke payudara anda. Jadi anda tidak perlu khawatir kalo anda tidak terlihat sexy. Justru wanita hamil terlihat lebih sexy.

Walaupun berat badan anda akan meningkat banyak pada trisemester ketiga bukan berarti anda dapat memanjakan diri dengan makan yang banyak dengan beranggapan bahwa memang trisemester ketigalah yang membuat anda semakin besar. Anda tetap harus memperhatikan pola makan sehat anda agar kenaikan berat badan anda dalam batas yang normal dan tidak berlebihan. …

Gorontalo Gempa!

Jumat kemarin, 16 Juni 2006, pukul 10:56 Wita gempa tektonik berkekuatan 5,7 Skala Richter mengguncang Provinsi Gorontalo. Kebetulan hari jumat itu bunda izin gak masuk kantor soalle dirumah ada acara syukuran ulang taun ayah, bunda dan ibu yang kebetulan semuanya dirayain pada bulan Juni. (Ayah 8 Juni, Bunda 15 Juni dan Ibu 16 Juni).
Tapi, yang anehnya bunda sekeluarga dirumah dan tetangga sekitarnya gak ngerasain adanya gempa. Padahal gempanya sampe 2 kali, gempa kedua pukul 13:35 Wita dan kekuatannya cukup besar. Berita tentang adanya gempa justru ayah dan bunda tauk dari kakak di jakarta yang langsung nelpon ayah nanyain tentang kabar gempa di gorontalo. Mereka dengar beritanya di TV. Ayah malah jadi bingung hehehe.. Soalle emang gak kerasa ditempat bunda sih. Mungkin karena Pusat gempa berada di laut dengan jarak 117 km Barat Laut Gorontalo dan kedalaman 61 kilometer dibawa permukaan laut.
Kerasnya goyangan gempa ini hanya dirasakan oleh sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah…

30 (Tiga Puluh)...

Gambar
Hari ini...
aku ingin bersimpuh dihadapan-MU
aku ingin bersujud.. bersujud... dan bersujud lagi
untuk menghaturkan rasa syukurku
atas segala karunia-Mu selama ini
hingga aku bisa merasakan
nikmatnya hidup dan dunia-Mu
hingga diusiaku yang ke -30...

Hari ini...
usiaku berkurang satu... (lagi)

Selamat Datang Ayah...

Gambar
Kemarin si-ayah datang setelah 5 bulan terpisah. Seneng banget bisa ketemu lagi, bisa ngumpul lagi, bisa ngobrol lagi, dan yang penting bisa ngliat langsung kondisi bunda yang lagi pregnant :). Soalle waktu pisah kemarin si dedek masih 6 minggu. Jadi blom keliatan 'endut'nya. :D
Bunda dapet ole2 buah dari Mbak Romzana (kakaknya ayah), ada apel, sunkist, anggur. Soalle ini buah yang langka didapat di gorontalo.*hiks, tinggal dikampung sih* Katanya buat si dedek :). Trus dari embah (ibu mertua) ngirim dodol dan kripik tempe kesukaan bunda. Makasih ya, udah repot2 ngirim ole2..
Trus kalo dari ayah.. baju hamil, daster dan kaset music klasik buat dedek. Ini mah bukan ole2 tapi emang pesanan bunda hehehe..


Rencananya ayah mau tinggal di Gorontalo sampe si dedek lahir, sambil mencari peluang usaha yang cocok disini biar gak bete nunggu dirumah. Syukur2 kalo usahanya lancar bisa keterusan tinggal di gorontalo dan bunda gak usah repot2 lagi ngurus mutasi :) Doain ya...
Tapi kemarin pas ay…

Benda Kesayangan Tempo Doeloe

Dapat Pe-eR lagi nih. Kali ini dari Bunda Fia tentang cerita benda kesayangan tempo dulu.. mau gak mau harus segera dikerjain biar bisa dapat nilai "A" :P
Tapi ngomong soal benda kesayangan, bunda jadi BiNuN.. sibuk ingat2 masa kecil dulu, dan kayaknya gak ada tuh benda yang paling bunda sayang. :D
O. iya.. ada! *bunda baru inget :)*

Saat masih umur 4 tahun, waktu itu bunda dan kakak diajak Mama dah Papa ke toko "Bin Jusuf" (toko yang lumayan besar di jaman itu). Pas lagi liat2 mainan, tiba2 penjaga tokonya nunjukin boneka yang imut, ada botol susunya, ada topinya, ada sepatu dan koleksi bajunya. Bonekanya bisa nangis kalo botol susunya dicabut. Trus matanya bisa kedip2. Rambutnya panjang dikepang 2. Mirip boneka susan gitu. Pokokke cantik banget. Saat liat boneka itu bunda kecil langsung merengek minta dibeliin boneka itu. Tapi harganya mahal banget. Makanya Mama langsung bujukin bunda untuk dibeliin boneka yang lain aja, dibeliin 2 lagi. Tapi bunda kecil gak mau, te…

Minggu Ke-27 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Sekitar kehamilan minggu ke 27 ini anda harus sedikit berhati-hati dengan semakin meningkatnya tekanan darah anda. Apabila tekanan darah yang meningkat ini disebut dengan preeklamsia, hal ini harud diwaspadai karena dapat berakibat fatal terhadap bayi dan anda. Anda harus berhati-hati apabila anda mengalami pandangan mata yang kabur, berkeringat pada tangan dan wajah, meningkatnya berat badan secara tiba-tiba tanpa adanya peningkatan jumlah makanan, tiba-tiba anda merasa pusing tanpa sebab. Sebaiknya hubungi dokter atau bidan untuk tindakan selanjutnya.

Sebaiknya semenjak awal kehamilan anda tidak melewatkan pertemuan dengan dokter anda, karena dari pertemuan dari dokter itulah tekanan darah anda dapat terdeteksi. Ada 2 kemungkinan yang mungkin dapat anda lakukan apabila memang anda memiliki tekanan darah tinggi, yang pertama adalah untuk beristirahat di rumah lebih banyak atau anda akan beristirahat di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat dari bayi anda.

Otak ba…

4 Things ...

Weks, dapat Pe-eR dari Mommy Ega nih :)
4 jobs I've had in my life
1. Asisten Laboratorium Kimia Dasar UNHAS : (Saat masih kuliah, pertama kali merasakan nikmatnya gaji pertama :D)
2. Jaga warnet: (Warnetnya Papih n Mamih (opa n omanya ega. Yanet n Bee@Net di Makassar. Ngisi waktu luang setelah wisuda dari pada dibilang pengangguran, sekalian mengenal dunia maya, sempat jadi Ratu MiRC :P )
3. Tenaga Pengajar :
(Dosen Luar Biasa di Universitas Gorontalo: Ngajar mata kuliah Biokimia dan Kimia Dasar di Fak. Kesehatan Masyarakat, pertama kali di panggil "Ibu" hehehe.)
(Guru di SMU Terpadu Wira Bhakti (Yayasan Al-Fath Wiraga Mulia): Pertama kali di panggil "bu guru", Ngajar Mata Pelajaran Kimia, pernah jadi Ibu Asuh, jadi Wali Kelas, jadi ibu asrama.. duh jagain 50 perawan... hiks)
4. Staf Seksi Kajian Mutu Pendidikan di LPMP Gorontalo : Job skrg neh, yang terpaksa bikin daku harus pisah dgn si ayah)

4 Movies I could watch over and over
1. Titanic : Nonton karena 'kata…

Sulit Tidur?

Gambar
Bunda dapat kiriman newsletter nih. Bunda posting disini sbg info buat temen2 yang lagi pregnant. Kali aja bisa bermanfaat :) Soalle bunda kadang susah tidur. Kirain karena jauh dari si ayah :P

Sulitnya Tidur Dimasa Seperti Ini
Hampir semua pasangan orang tua pasti pernah memiliki keluhan yang sama seputar kesulitan menikmati istirahat malam pada beberapa hari setelah kelahiran buah hati mereka. Tetapi siapa yang menyangka bahwa ternyata permasalahan seperti ini kerap melanda sang ibu sejak masa kehamilan.
Pada trimester awal kehamilan, biasanya ibu hamil lebih sering merasa lelah dan banyak tidur dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut sangatlah normal, mengingat bahwa pada masa tersebut tubuhnya bekerja keras untuk memberikan perlindungan dan makanan untuk menunjang perkembangan janinnya.

Tetapi setelah melewati masa itu, seorang wanita hamil cenderung memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. Bahkan banyak ibu yang mulai mengeluh tentang kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Happy Birthday My Love

Gambar
Hari ini ...
Betapa ingin aku tersenyum manis kepadamu,
Betapa ingin aku kau tahu bahwa kau begitu berarti dalam hidupku,
Betapa ingin aku hadir disampingmu,
dan membisikkan kata..
Selamat Ulang Tahun Sayangku...!
Tak ada yang bisa kuberi
Selain cinta kasih dan doa yang tulus...
Selamat ulang tahun suamiku sayang...

Minggu Ke-26 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Seiring dengan semakin membesarnya perut anda mungkin anda mulai merasakan sakit pada bagian punggung. Sakit ini bisa berupa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan dengan membesarnya perut anda maka secara refleksi menyebabkan pundak anda kearah belakang untuk menahan beban depan tubuh anda dan bertumpu pada bagian belakang tubuh anda.
Untuk mengurangi keluhan sakit pada bagian punggung maka disarankan untuk mengurangi penggunaan sepatu dengan hak tinggi, tetap memperhatikan peningkatan berat badan sesuai standard karena kalau berat badan bertambah secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin berat beban punggung anda, memperhatikan posisi tubuh yang baik dengan menegakan tubuh anda selain itu anda juga harus memperhatikan sikap apabila anda akan mengambil barang hindari membungkuk. Hindari berdiri, duduk dan berjalan dengan waktu yang lama.
Bayi anda sudah bisa mengedipkan matanya di minggu ke 26 ini selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya ya…

Minggu Ke-25 Kehamilan

Gambar
Hai Nunieq Haryanto,
Sudah saatnya untuk anda untuk mencari kelas-kelas untuk senam kehamilan. Kelas kehamilan ini diperlukan oleh anda untuk mempermudah dan membantu anda mempersiapkan diri untuk persalinan terutama bagi anda yang sedang mengalami kehamilan yang pertama kali. Selain anda, suami anda pun dapat memperoleh informasi mengenai proses melahirkan, ataupun pengetahuan mengenai hal-hal yang mungkin terjadi pada saat melahirkan.
Pada umumnya kelas senam kehamilan hampir serupa dan menawarkan pilihan-pilihan yang serupa. Pemilihan tempat senam kehamilan sebaiknya berdasarkan pertimbangan antara lain jumlah dari peserta yaitu tidak terlalu banyak peserta karena akan mengakibatkan kurang efektifnya pertukaran informasi, rekomendasi dari dokter atau bidan anda.
Tulang bayi anda di minggu ini semakin mengeras dan bayi anda menjadi bayi yang semakin kuat. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. Garis disekitar mulut bayi sudah mulai membentuk tetapi fungsi menelan sud…

Indonesia-ku Menangis (Lagi)

Gambar
"Daerah Istimewa" dilanda bencana lagi...
Bunda sekeluarga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah Gempa yang dialami sodara2 kami di Yogya.
Semoga selalu diberi kekuatan, kesabaran dan ketabahan dalam menjalani cobaan ini...
Dan semoga dengan cobaan ini dapat membuat kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.
Amien...

Ada Apa Dgn Shoutboxku?

Gambar
Saat ini bunda lagi onlen. Soalle di kantor lagi gak ada kerjaan.
Sambil nunggu jam pulang bunda buka catatan ini, tapi koq oggixnya error? Ada apa ya?
Karena penasaran, bunda langsung datang ke oggix, eh ternyata error jugak. Hikss..
Trus, bunda coba nengok ke blog-na temens yang pake oggix ternyata semua pada error abis.
Duh.. ada apa dengan oggix ya?

Menu Makan Siang Bunda

Gambar
Ini menu lunch hari ini, besok bunda bawa apalagi ya? :P
Setiap hari kalo ke kantor, bunda selalu bawa bekal untuk makan siang. Soalle di kantor bunda gak ada kantinnya en lumayan jaooh dari yang namanya Rumah Makan. Jadinya kalo gak bawa bekal, alamat bisa berlapar2 deh seharian. Atau gak numpang makan aja ama temens. :P
Nah, hari ini bekal lunch bunda kayak yang diatas tuh. Ada nasi, trus sayur bayam, ada perkedel dan ikan "Nike" (mirip merk sepatu ya? :P) dan pisang (3 buah boo! biar gak sembelit hehehe).
Ikannya aneh ya? Namanya ikan "Nike" atawa "Duwo". Sejenis ikan laut yang ukurannya kecil2 (kayak ikan teri gituh) yang kabarnya hanya ada di daerah Gorontalo. Rasanya enak banget, karena proteinnya sangat tinggi jadi emang cocok buat bunda yang lagi pregnant. Di Gorontalo aja ikan ini termasuk ikan exclusive, soalle gak setiap hari bisa didapat. Ikan ini kadang sebulan sekali, 2 bulan sekali, bahkan kadang sampe 6 bulan sekali baru muncul. Sekali muncul…

Minggu Ke-24 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Pada umumnya pada minggu ke 24 kehamilan disarankan untuk melakukan check gula darah, untuk mengetahui apakah anda menderita diabetes pada kehamilan Gestational Diabetes. Diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan bayi anda lahir dengan berat badan yang tinggi yang membuat anda harus melahirkan secara cesar.

Apabila anda mengalami diabetes pada kehamilan maka sebaiknya anda langsung diawasi oleh dokter anda. Ada kemungkinan diabetes pada kehamilan akan hilang setelah anda melahirkan. Sehingga disarankan untuk melakukan test kadar gula darah lagi setelah anda melahirkan untuk menentukan apakah anda menjadi penderita diabetes atau tidak. Walaupun mungkin anda tidak mengidap penyekit diabetes setelah melahirkan tetapi tetap disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat dikemudian hari untuk menghindari timbulnya Diabetes Mellitus dikemudian hari.

Kulit bayi pada saat ini masih tipis dan transparan, dan masih keriput tapi lapisan kulit bayi anda sudah mulai ter…

Duh... Sembelit !!!

Gambar
Salah satu problem saat hamil adalah S.E.M.B.E.L.I.T
Bunda juga sempat ngalamin beberapa minggu kemarin. Gak bisa B.A.B selama 3 hari! Duh.. gak enak banget deh! Perut terasa serba gak nyaman. Setiap mau BAB rasanya pengen nangis ; kesal sendiri. (hehehe)
Untung bunda punya ibu yang perhatian banget dan selalu menasehati bunda untuk tetap sabar (terima kasih ya ibundaku), selalu nyiapin makanan yang berserat setiap hari, sayuran, buah dan kadang menemani bunda jalan pagi, selalu ingatin minum air putih yang banyak. (Soalle ayahnya dd jauh sih, hiks)
Mungkin temen2 lain yang lagi pregnant juga mengalami hal yang sama. Emang, menurut artikel yang bunda baca, sembelit atau konstipasi sering dialami oleh ibu hamil. Ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus kurang efisien. Hal ini mengakibatkan daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sisa makanan menumpuk dan terjadilah sembelit. Selain masalah hormonal, sembelit juga dise…

Minggu Ke-23 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Kram pada kaki adalah salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat kehamilan. Kram kaki juga dapat timbul bahkan mungkin sering terjadi pada saat malam hari atau ditengah-tengah tidur nyenyak anda. Kram kaki ini juga dapat ditimbulkan karena lelah dengan aktifitas anda seharian dan berkumpulnya cairan pada kaki anda.
Sebaiknya di siang hari apabila anda banyak melakukan aktifitas anda dapat menghentikan aktifitas anda beberapa saat untuk beristirahat dan mengangkat kaki anda dengan posisi yang lurus. Anda duduk di kursi dan taruhlah kursi lain dihadapan anda dan letakan kaki di kursi tersebut. Selain itu usahakan untuk tetap banyak meminum air putih paling sedikit 8 gelas per hari.
Mata bayi anda sudah terbentuk baik walaupun warna mata bayi anda masih belum jelas. Pankreas bayi sudah mulai memproduksi insulin. Paru-parunya semakin berkembang untuk mempersiapkan bayi untuk bernafas. Berat badan bayi anda sudah mencapai 500-510 gram dengan tinggi 28-30 cm.

Salam,
www.B…

Gembira Dan Sedih ...

Iya, bunda gembira tapi juga sedih...
Gembira karena dapat kabar dari ayah katanya mbak Romzana (kakak perempuan ayah) mau nikah bulan juni di Pekalongan (Selamat ya mbak Rom...)
Sedih karena bunda gak bisa hadir... hiks...
Sebenarnya jumat kemarin ayah dah kabarin dan minta bunda datang untuk menghadiri acara nikahnya mbak rom sekalian acara nujuh-bulanan bunda disana.
Bunda bingung, padahal sebelumnya ayah dah rencana mau datang ke gorontalo nengok bunda dan 'dedek' tanggal 11 Juni mendatang dan udah boking ticket di Sriwijaya Air. Tapi sekarang tiba-tiba bunda yang diminta datang.
Gimana ya? Lagi pregnant gini, apa bunda kuat bepergian jauh? Duduk di pesawat ke jkt 4 jam, trus ke pekalongan duduk di bis 7 jam. Duhh...
Tapi, ingat mbak rom, ingat mbah, ingat ngumpul bareng keluarga ayah, ingat pekalongan, ingat pusat grosir batik (hehehe)... hikss... pengen bangeet !!
Pergi... gak... pergi... gak... ?? Pikir.. dipikir... dan akhirnya....

Pertama, bunda nelpon ke Lion Air, nanya bisa…

Ke Dokter

Kemarin sore setelah pulang kantor bunda ke dokter Elson Zakaria, SpOG untuk periksa kandungan.
Seperti biasa ibu yang nemenin karena ayah kan jauh. Tiba di tempat praktek bangku antrian nyaris full dengan pasien, mungkin karena sabtu libur jadi pasiennya lumayan banyak. Untung bunda dah nelpon duluan dan dapat antrian nomor 8, jadi gak lama nunggunya.
Saat diperiksa bunda minta di USG (soalle pengen liat si 'dedek' di dalam hehehe). Dokter jelasin posisi janin, diukur panjangnya, diameter kepalanya, dsb. Kata dokter usia kandungan udah 22-23 minggu (cocok kan dengan catatan bunda :) ) Dan HPL-nya akhir bulan agustus, insya Allah...
Trus, berat badan bunda naik lagi. Kalo waktu imunisasi kemarin BB-nya 54,5 Kg, sekarang udah 56 Kg. Berarti selama hamil BB bunda naik 7 Kg. Sip dah!
Karena semuanya baik, dokter cuman ngasih resep vitamin Pervita untuk diminum selama 30 hari. Dan disaranin banyak makan sayur dan buah dan kesehatannya di jaga terus.
Yup, thanks ya dokter dan alhamdulil…

Minggu Ke-22 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Kehamilan di minggu ke 22 mungkin berat anda sudah bertambah sekitar 5-7 kg, dimana pada minggu-minggu selanjutnya kenaikan berat badan anda sekitar 1 kg perbulan. Berat badan anda juga sudah mulai harus diperhatikan apabila diawal kehamilan anda yang termasuk orang kategori kurus maka anda harus menyesuaikan kenaikan berat badan anda sebaliknya juga apabila dari awal anda termasuk orang yang kelebihan berat badan maka diharapkan anda dapat mengurangi sedikit kenaikan berat anda.

Walaupun anda akan mengalami kenaikan berat badan paa minggu-minggu selanjutnya tetapi tetap anda harus memperhatikan asupan gizi yang baik bagi anda dan bayi anda.Sebaiknya anda sudah mempertimbangkan untuk meningkatkan tambahan zat besi pada asupan makanan anda. Zat besi ini berguna untuk membentuk zat darah merah atau Haemoglobin, dan memperkuat daya tahan tubuh anda. Haemoglobin ini merupakan protein yang membawa oksigen keseluruh tubuh anda. Zat besi ini dapat anda temukan pada daging
m…