Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2008

Mengkhitan Anak Perempuan ... ?

Gambar
Sudah menjadi adat dan tradisi di Gorontalo bahwa anak perempuan yang menjelang usia 2 tahun akan menjalani prosesi adat "Mopolihu Lo Limu" (mandi air ramuan jeruk purut/mandi lemon) atau sering juga disebut "Molubingo" (Mencubit). Inti dari prosesi ini sebenarnya adalah mengkhitan anak perempuan yang 'dibalut' oleh adat tradisi religius masyarakat Gorontalo.

Dan sebagai keturunan suku Gorontalo Aulia pun harus akan menjalani adat ini, terlepas dari polemik halal-haramnya mengkhitan anak perempuan baik dari hukum agama maupun segi kesehatan.
Saat ini keluarga bunda terutama "para oma" sudah mulai menanyakan kapan aulia akan menjalani adat ini. Bahkan oma aulia sendiri sudah menghitung hari baik dan merencanakan persiapan acara ini. Dengan kata lain bunda gak perlu sibuk mempersiapkan segala sesuatunya yang ada hubungannya dengan adat, cukup menyediakan 'dana'nya aja. :P

Namun kembali lagi kepolemik mengkhitan anak perempuan, bunda sebenarnya …

Bibilku Saliwawan!

Gambar
Sariawan kok makan es krim? Gak.. ini foto aulia sebelum kena sariawan. Aulia doyan banget makan es krim! Liat aja tuh gayanya! Hehehe...



Emang, saat posting cerita ini aulia lagi kena sariawan. Letaknya pas di bibir bawah (Bunda susah ngambil gambarnya :D). Kecil-kecil kok kena sariawan ya? Entah itu sariawan beneran apa karena bibirnya kegigit. Bunda kasihan banget liatnya. Secara bunda kan sering kena sariawan jadi tauk gimana perihnya kalo lagi sariawan. Dan ini berdampak pada nafsu makan aulia. Karena bibirnya perih aulia gak mau makan sama sekali. Bahkan dibujuk dengan es krim kesukaannya!
Bunda sampe pusing mikirin gimana caranya agar aulia mau makan. Dari bubur, soto ayam/lontong, roti sama biskuit yang dicelup di susu pun aulia gak mau. Akhirnya oma saranin dikasih air tajin (air beras yang diambil saat memasak nasi). Air tajin yang kental ini dicampur dengan susu. Lumayan, ini bisa membantu asupan makanan keperut aulia. Entah bikin kenyang apa gak. Alhamdulillah kalo dikasih s…

Aulia 18 Bulan

Gambar
Diusia 18 bulan ini, aulia makin agresif, suka meniru kerjaan orang dewasa, sok mandiri gitu deh!
Sekarang aulia suka bantu 'nenek aya' (tantenya bunda) nyapu halaman, kadang suka ngikutin nenek aya dari belakang. (Ini mah bukannya mbantu malah ngrepotin yah? :D).
Seneng lari-larian/ jalan cepet pake sandal jepit. Gak kapok walopun sering jatuh, sampe pernah pipinya lecet tergores. Pake sandalnya pun dah bisa sendiri, walopun kadang masih kebalik yang kiri dan kanan. Dan kalo dikasih tauk kalo sandalnya terbalik eh.. malah cuek aja. Malah sengaja dipake terbalik trus ditunjukin ke bunda, kalo ditegur langsung lari minta dikejar! Hehehe, anakku dah pinter cari perhatian bundanya.. :P

Perkembangan bahasanya makin meningkat. Dah bisa diajak berkomunikasi, bisa bercerita tentang kejadian yang dia alami walopun dengan kata-kata yang 'aneh' dibantu dengan bahasa ekspresi dan bahasa tubuhnya. Misalnya cerita sama ayahnya kalo tadi siang terjatuh atau cerita sama oma setelah pul…