Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2006

Persiapan Persalinan

Saat minggu-minggu terakhir kehamilan rasanya makin deg-degan aja. Apalagi untuk kehamilan anak pertama kayak bunda. Meskipun kata DSOG perkiraan hari lahir tanggal 22 Agustus 2006, tapi kadang perkiraan itu tidak dapat dipastikan. Kalo menurut pengalaman teman2kantor bunda, banyak yang melahirkan diminggu ke-35. Berarti kalo sesuai usia kehamilan bunda, tinggal 2 minggu lagi..
Karena ini merupakan pengalaman persalinan yang pertama, bunda jadi sering bertanya ama temen, sering browsing artikel tentang persiapan persalinan. Yang pertama disiapkan tentunya barang-barang untuk persalinan yang akan dibawa kerumah sakit. Nah, apa aja yang perlu dibawa?
Untuk Bunda nih :
Baju tidur yang nyaman untuk di pakai. Sebaiknya yang mempunyai kancing di bagian depan sehingga mempermudah untuk menyusui si dedek nanti. Jumlahnya sesuai dengan rencana persalinan. Untuk persalinan normal atau alamiah biasanya 2 hari dan untuk persalinan operasi Caesar dibutuhkan 4-5 hari. Jadi dibawa sesuai kebutuhan aj…

Minggu Ke-33 Kehamilan

Diminggu ke-33 ini perut bunda dah makin buncit aja. Kalo kata bundanya Nabila udah kayak drum yang dibawa2 hehehe.. Iyah bener, badan jadi berat rasanya. Trus, diminggu ini bunda sering merasa mual (kayak lagi maag gituh), nafas jadi pendek dan ngos-ngosan. Apalagi kalo lagi baring, nafas jadi sesak...
Mungkin karena rahim yang makin besar mendorong diafragma atau paru2 sehingga nafas jadi lebih pendek :)
Kalo perkembangan si dedek diminggu ke-33 menurut info perkembangannya, otaknya semakin pesat berkembang dan sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Bayi sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila si dedek laki-laki maka testical bayi sudah mulai turun dari perut menuju scrotum. Berat badan si dedek 1800-1900 gram dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.(insya Allah).

Minggu Ke-32 Kehamilan

Alhamdulillah, kehamilan bunda dah masuk minggu ke-32. Si dedek semakin sering nendang, sampe perut bunda terasa mengeras tapi gak terasa sakit. Katanya ini yang namanya Braxton Hicks Contraction yang merupakan proses awal suatu kelahiran dimana leher rahim dah mulai terbuka.

Trus, saat ini bunda lebih sering merasa haus. Jadinya banyak minum air putih, apalagi kalo makan, minumnya bisa sampe 3-4 gelas jumbo deh. Dan lebih enak lagi kalo minum air es.. srluuppp... paling nyamaaan sedunia, hehehe! Tapi justru yang nyaman ini yang sering dilarang, katanya ntar dedeknya besar, ntar kandungannya jadi banyak cairan, pokokke banyak alasan. *Emang bener gak sih?*

Kalo si dedek menurut info perkembangannya diminggu ke-32 ini kuku dari jari mungil tangan dan kaki si dedek sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang. *insya Allah*. Berat badannya sudah mencapai 1.700-1750 gram dengan tinggi badan 40-42 cm.

O iyah, hari jumat kemarin bunda sempat kontrol kandungan…

Doa Syukuran Tujuh Bulanan

Gambar
Hari jumat kemarin bunda bikin acara tujuh bulanan. Acaranya sederhana. Kayak syukuran gitu deh. Gak ngundang orang sekampung :) Cukup om, tante, tetangga dan keluarga dekat aja.

Yah.. namanya acara tujuh bulanan anak pertama pasti ada acara "adat-nya". Sebenarnya sih bunda gak mau pake adat-adatan segala. Bukannya gak mau menghormati acara adat cuman males aja, soalle ribet banget. Harus ginilah..gitulah. Tapi ibu, tante, om pada protes. gak boleh katanya! Makanya acara kemarin tetap ada sesi adatnya cuman yang simple2 aja. Gak pake adat komplit *nasi goreng kali yaaa.. hehehe*

Kalo yang komplit sih mesti pake baju adat lagi kayak pengantin, trus ada sesi keliling rumah sampe 7 kali. *bunda gak ngerti ah*
Acara yang simple kemarin aja bunda rasa dah ribet. Mana si ayah juga bingung hehehe. Awalnya dibacakan doa selamatan oleh "pak ustadz", sementara "pernik-pernik" adatnya dah disiapin duluan oleh ibu ahli adatnya *kalo dalam bahasa Gorontalo disebut &quo…

Minggu Ke-31 Kehamilan

Gak terasa kehamilan bunda dah masuk minggu ke-31. Perut dah makin buncit nih :D, kalo jalan kayak orang sombong *hehehe*
Alhamdulillah, saat ini kondisi kesehatan bunda baik2 aja. Hanya sering merasa lapar dan kalo makan cepat merasa kenyang. Jadinya dalam sehari bisa 4-5 kali makan tapi dalam porsi kecil. Trus di kamar sekarang tersedia camilan, dari biskuit, roti, kripik, pokokke yang siap dikunyah kapan saja :)
Keluhan yang sering bunda rasain sekarang "capek". Baru beresin kamar aja nafas dah ngos2an. Akhirnya si ayah yang gantiin posisi jadi tukang beres2. Hehehe.. untuk sementara bunda jadi kayak sang putri... cieeeh.
O, iya.. semalam saat tidur tiba2 bunda terbangun karena perut bagian bawah rasanya sakit banget! Sakitnya sulit dijelasin. Apalagi pas bangun rasanya gerah! dan ternyata lagi mati lampu. Bunda langsung bangunin ayah. Si ayah jadi panik karena bunda meringis sakit sambil pegang perut. Hiksss.. Ayah nanya ada apa tapi bunda malah kesal dan minta ayah untuk n…

Minggu Ke-30 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Minggu ke 30 adalah saat yang indah untuk merasakan setiap tendangan dari bayi mungil anda. Mungkin anda akan merasakan perut anda seperti ada pertandingan sepak bola. Usahakan untuk tetap memperhatikan intensitas tendangan bayi apakah ada pengurangan jumlah tendangan atau tidak.
Pada dasarnya tendangan bayi sudah dapat dirasakan pada trisemester kedua tapi tendangan ini semakin lama semakin intensif tetapi anda tidak perlu khawatir apabila memang terkadang tendangan agak sedikit berkurang dan akan aktif kembali beberapa saat kemudian. Sebaiknya pilihlah waktu dimana saat bayi anda paling aktif kalau bisa lakukan setiap hari pada waktu yang sama. Selanjutnya ambillah posisi yang nyaman dan duduk dengan tenang lalu rasakan setiap tendangan. Berhati-hatilah apabila dalam waktu beberapa jam tidak ada tendangan atau kurang dari 5 tendangan, sebaiknya langsung hubungi dokter anda.
Mata indah bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan dia sudah mulai be…