Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2008

Menyapih Jempol Dengan Cintah (2)

Gambar
Sebelumnya bunda ucapkan terima kasih atas komentar dan dukungan teman-teman blogger pada postingan pertama Menyapih Jempol Dengan Cintah (1).

Emang, mengisap merupakan salah satu fase perkembangan bayi (fase oral) yang normal termasuk mengisap jempol, tapi tentu jika mengisapnya juga dengan normal. Bunda pernah baca di artikel tabloid perkembangan balita bahwa anak yang acapkali "mengisap jari" bisa jadi penyebabnya karena ketidakpuasan si bayi menyusu ASI ibunya. Seperti juga penjelasan psikolog yang bunda baca disini, yang antara lain menjelaskan :

"Secara psikologis, bayi mengisap jari karena lapar. Disamping bayi memang memiliki kebutuhan mengisap, dari lahir sampai usia 3 bulan. Kebutuhan mengisap didapat bayi ketika menyusui namun kebutuhan ini bersifat individual. Artinya, masing-masing bayi memiliki kebutuhan mengisap yang berbeda-beda. Itulah mengapa, lamanya menyusui tak akan sama pada setiap bayi. Misalnya, ada bayi yang sudah puas mengisap selama 20 menit men…

Tiga Puluh Dua

Gambar
Opss... Gak terasa berkurang satu lagi nih jatah..Alhamdulillah..
Udah diberi kesempatan hingga 32.. semoga masih diberi kesempatan lagi sampe 33.. 36.. 39.. 45.. dst.. untuk bisa mengasuh titipan yang telah dipercayakan sejak 21 bulan yang lalu..Terima kasih.. atas titipan nan cantik itu, semoga aku bisa mendidiknya dengan baik..
Terima kasih.. atas pendamping yang setia dan penuh kesabaran.. semoga akupun bisa menjadi pendampingnya yang paling sempurna.
Terima kasih.. atas rezeki, nikmat kesehatan, kebahagiaan yang telah lalai aku syukuri.. dan semoga Engkau akan terus dan senantiasa melimpahkannya kepadaku..Terima kasih ya Allah.. atas nikmat kehidupan ini hingga 32 tahun usiaku...

Aulia 21 Bulan

Gambar
Perkembangan Aulia yang menonjol diusia ini antara lain : Dah tumbuh gigi geraham (kanan bawah), berarti sekarang gigi aulia udah 17 biji!. Alhamdulillah, tumbuhnya tanpa diselingi demam dsb, tauknya pas bunda periksa giginya ternyata gerahamnya dah nongol.Senang berhitung! Lihat benda apa saja yang bersusun, berjejer, pasti dihitung. Cuman hitungannya 'standar' "tatu, tita, amam, yima" (satu, tiga, enam, lima). Kalo dikoreksi malah makin ngawur aja hitungannya, alias gak mau diajarin. Gak mau lagi pake sembarang baju. Kalo abis mandi n dandan, bajunya dipilih sendiri dan pasti milih baju yang masih baru. Udah gitu pake bajunya pake kejar-kejaran dulu.Bisa nyanyi lagu 'Tik-Tik Bunyi Hujan' dan 'Cicak Di Dinding' sampe abis, tentu dengan versi bahasa cadelnya yang selalu bikin bunda gemess! Kayak nyanyi lagu cicak, ditelinga bunda dengernya kayak gini "tita ti..ti..ti.., mo wawap.., tatan mamoo..,Happoooow..!" Hihihi... lucuuuu tiada tara!!Su…

Celoteh Aulia

Gambar
Suatu hari....
Bunda : "Au.. coba hitung berapa mata bunda!"
Aulia + Bunda : "Tatuu (satu), tuwa (dua).."
Bunda : "Jadi berapa mata bunda?"
Aulia : "Tuwaa"
Bunda : "Pinter!!"

Bunda : "Skrg hitung tangan au!"
Aulia + Bunda : "Tatuu (satu), tuwa (dua).."
Bunda : "Jadi berapa tangan au?"
Aulia : "Tuwaa"
Bunda : "Pinter!!"

Bunda : "Skrg... hitung jari tangan kiri au!"
Aulia + Bunda : "Tatuu (satu), tuwaa (dua), titaa (tiga), paa (empat), yimaa (lima)"
Bunda : "Jadi berapa jari tangan kiri au?"
Aulia : "Tuwaa"
Bunda : "Liiii-maaaaa, berapa?"
Aulia : :Tuuuu-waaaa"
Bunda : "haa? masak dua, coba Aulia hitung sendiri!"
Aulia : "Tatuu, titaa, nam, yimaaaa" (satu, tiga, enam, lima)
Bunda : *error*

Suatu hari ...
Bunda : "Ayah Aulia dimana?"
Aulia : (geleng kepala) "tatoooo" (kantor)
Bunda : "Cari apa di kantor?"
Auli…

Hepi Besdei Ayah

Gambar

Menyapih Jempol Dengan Cintah (1)

Gambar
Udah sekian kali bunda pengen posting sekaligus mau sharing tentang kebiasaan aulia ini, tetapi baru kali ini bisa kesampaian. Bagi yang sering mampir dan setia membaca catatan bunda dari aulia masih bayi mungkin udah tahu kebiasaan aulia ini, suka isap jempolnya.

Sebenarnya bunda merasa bersalah atas kebiasaan aulia ini, sebab bayi/anak yang suka mengisap jempol itu sebagai tanda ketidakpuasannya menyusui ASI ibunya. Aulia menyusui ASI bunda hanya sampe usia 7 bulan, itupun masih diselingi dengan susu formula. Bukannya bunda gak mau menyusui atau aulia yang gak mau ASI lagi, tetapi karena memang produksi ASI bunda yang sangat sedikit. *Makanya bersyukurlah para moms yang punya ASI melimpah*
Mungkin karena ketidakpuasan aulia menyusui ASI hingga ia suka mengemut jarinya. Dan salahnya bunda lagi, bunda gak sempat mengontrolnya hingga mengemut jempol ini menjadi kebiasaan aulia yang sulit dicegah lagi.

Kebiasaan aulia mengisap jempol ini ada sisi baiknya juga. Sewaktu masih bayi aulia jara…