Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2006

Minggu Ke-36 Kehamilan

Saat ini bunda lagi menghitung hari, menanti detik-detik terindah sebagai seorang wanita. Yup, dah 36 minggu, gak lama lagi buah hati ayah dan bunda nantikan selama ini akan segera hadir.. Kalau bayangin kehadiran si dedek, rasanya semua kecemasan dan kekhawatiran dalam mengahadapi proses persalinan segera ilang.. Moga aja rasa sakit setiap kontraksi saat persalinan nanti akan hilang dengan membayangkan kehadiran dedek.. (insya Allah)

Minggu ke-36 ini, gak ada keluhan yang bunda rasain, hanya setiap saat dedek selalu aktif bergerak, menendang, menari kayak kupu-kupu.. :)) Dan hampir setiap saat ayah dan bunda selalu ngobrol dengan dedek, ngobrol apa aja. Bunda selalu bilang ama dedek, kalo nanti dedek keluar jangan nyusahin bunda ya.. hehehe.

Rencananya bunda akan melahirkan di Rumah Sakit Bersalin Siti Khadijah Gorontalo. Dan saat ini bunda dah siap jika sewaktu2 dedek akan keluar. Semua perlengkapan bunda dan dedek dah siap di dalam tas. Ayah dan bunda tak henti2nya berdoa semoga pros…

Menghadapi Proses Persalinan (2)

Tips Atasi Nyeri Saat PersalinanSetiap proses bersalin sulit dilepaskan dari rasa nyeri yang selalu menyertainya. Mengapa muncul rasa nyeri ini? Ternyata, nyeri bersalin berasal dari gerakan (kontraksi) rahim yang berusaha mengeluarkan bayi keluar. Jadi rasa nyeri ini memang harus ada agar bayi dapat keluar dengan lancar dan selamat.
Selain rasa nyeri yang terasa di seluruh bawah perut, seringkali ibu juga merasakan sakit punggung. Yang terakhir ini timbul karena kepala bayi yang menekan tulang belakang seiring perjalanannya keluar dari rahim sepanjang jalan lahir.

Kenapa timbul nyeri bersalin?
1. Gerakan kontraksi rahim menyebabkan otot-otot dinding rahim mengerut, menjepit pembuluh darah, sehingga timbul nyeri.
2. Vagina (jalan lahir) dan jaringan lunak di sekitarnya meregang, sehingga terasa nyeri.
3. Keadaan mental si ibu (ketakutan, cemas, khawatir atau tegang), serta hormon prostaglandin yang meningkat sebagai respons terhadap stres.

Untuk mengatasi rasa nyeri saat persalinan ini, cob…

Menghadapi Proses Persalinan (1)

Mengingat kehamilan bunda dah 35 minggu, berarti gak lama lagi bunda akan menghadapi proses persalinan. Karena ini merupakan kehamilan pertama, bunda seneng tapi juga cemas ngebayangin gimana proses persalinan nanti. Berikut ini beberapa tips dan petunjuk dalam menghadapi proses persalinan. Kali aja info ini bermanfaat bagi calon bunda yang lain ...
Tanda-tanda Persalinan
Persepsi awam umumnya menyamakan dimulainya proses kelahiran dengan rasa sakit dan bersalin. Namun, kadang-kadang rasa sakit ini tidak segera muncul meskipun proses persalinan sudah mulai. Karena itu, perlu diketahui tanda-tanda persalinan lainnya. Yang terutama dijumpai adalah:
1. Keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir.
Keluarnya lendir ini terjadi akibat terlepasnya gumpalan lendir yang selama kehamilan menumpuk di sekitar leher rahim, diikuti terbukanya pembuluh darah kapiler serta pergeseran antara selaput ketuban dengan dinding dalam rahim.
2. Penipisan dan pendataran leher rahim (hanya dapat diketahui lewat …

Persiapan Menyusui

Brubung saat ini bunda sedang dalam masa menghadapi proses persalinan, jadi kudu rajin browsing nyari artikel tentang persiapan persalinan. Salah satunya persiapan menyusui, karena bunda pengen ngasih ASI Eksklusif buat si dedek nanti... insya Allah..
Sip, brikod ini ada beberapa langkah yang bisa sedini mungkin dilakukan untuk persiapan menyusui. Artikel ini bunda dapet via om goole :P. Semoga bermanfaat yaa...

Latihlah otot-otot badan yang berfungsi menopang payudara serta menunjang produksi ASI. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan duduk bersila di lantai. Tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri, tangan kiri memegang bagian lengan bawah kanan. Angkat kedua siku sehingga sejajar pundak. Tekan pegangan tangan kuat-kuat ke arah siku sehingga terada adanya tarikan pada otot dasar payudara.
Jagalah kebersihan diri sehari-hari termasuk payudara. Setiap mandi puting susu dan sekitarnya tidak disabuni untuk menghindari keadaan kering dan kaku.
Lakukan persiapan agar puting susu lent…

Minggu Ke-35 Kehamilan

Yup! Kehamilan bunda sekarang dah 35 minggu. Kalo kayak buah, udah mateng-matengnya nih :D. Kondisi bunda dan dedek saat ini baik2 aja. Yang bunda rasain sekarang perut seperti balon karet yang udah full anginnya. Kulit perut rasanya tegang seperti ditarik. Makanya saat ini keluhan utama bunda tiap saat adalah "GATAL". Bunda gak bisa jelasin gimana rasa gatalnya! Dan yang bikin "gemes" lagi, udah gatel tapi gak boleh di garuk! Padahal ini jari tangan udah gemes banget pengen menari2 di perut. duhh.. Udah diolesin macem2 sesuai saran temen ; pake baby oil, medigel, dikompres air hangat, tetaaaap gak ada yang ngalahin gatalnya. Saking gatelnya, kadang bunda meringis dan malah melampiaskan garukan tangan di perutnya si ayah.. Si ayah gak bisa protes perutnya di garuk karena gak tega juga liat bunda.. hikss.

Tadinya bunda sempat khawatir, koq tiba2 bisa gatel seperti ini, bunda takut ada efeknya ama si dedek. Tapi setelah bunda cari info, katanya reaksi seperti ini tid…

Kemarin...

Ada apa kemarin ...?
Iyah, seperti yang bunda bilang di postingan sebelumnya bahwa bunda rencana mau ke dokter. Nah, kemarin bunda emang ke dokter, tapi sebelum ke dokter bunda yang ditemenin ayah (harus donk! :P) jalan2 dulu. Pertama ke supermarket Karsa Utama Gorontalo untuk belanja keperluan bulanan sekalian beli tambahan perlengkapan persiapan persalinan bunda dan dedek.

Abis itu, kita mampir ke "RM. Mas Jampang". Rumah makan favorit ayah, soalle mie baksonya enak. Eh.. gak tauknya disitu surprise banget! Gak nyangka bunda bisa ketemu temen lama si "Anggrek Bulan" alias Lyan.. si ibu Dosen yang imoet hehehe. Terakhir kita ketemu akhir taon 2003.. saat itu masih blom nikah. Dan sekarang, Lyan dah punya anak dan bunda lagi hamil 8 bulan... weew.. Selama ini sih sering komunikasi tapi cuman via telpon or SMS-an aja. Padahal kita tinggalnya satu kota, tapi susyaaahh banget ketemunya. Pernah janji mau ketemu, ehh.. adaaa ajah halangan. Rasanya kita kayak wanita kari…

Minggu Ke-34 Kehamilan

Gambar
34 minggu telah berlalu tanpa terasa.. Syukur alhamdulillah bunda dan dedek sehat-sehat aja.
Pada kehamilan minggu ini perut rasanya makin berat. Tapi anehnya kalo lagi dibawa berjalan gak terlalu terasa beratnya, justru beratnya terasa disaat bunda lagi bobok. Perut rasanya seperti kantong air yang susah dibawa miring kekiri dan kekanan. Posisi tidurpun jadi kurang nyaman, jadinya kadang susah tidur. Yang bunda rasa paling nyaman untuk tidur dengan posisi miring ke kanan menggunakan guling/bantal diantara kaki. Bantalnya sampe susun 3 baru terasa nyaman. Kalo miring ke kiri punggung cepat merasa capek dan kadang nafas jadi sesak..

Trus, sekarang lebih sering pipisnya. Kadang belum 5 menit setelah pipis dah pengen pipis lagi. Ada yang saranin katanya kalo mau tidur minumnya di kurangin. Tapi jangankan dikurangin, justru disaat tidur bunda terbangun karena merasa sangat haus. Sekali minum 1 botol aqua bisa habis.

Kadang bunda sirik juga ngeliat si ayah yang lelap banget tidurnya.. Kalo b…