Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2006

Minggu ke-16 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto, Hidung tersumbat tanpa disertai sakit flu juga mungkin terjadi di masa kehamilan. Terjadinya keadaan ini biasanya terjadi karena terjadinya peningkatan hormon pada tubuh selama kehamilan yaitu hormon progesteron dan estrogen yang menimbulkan peningkatan dan pelebaran aliran darah di tubuh ke jaringan membran mucose di hidung yang menyebabkan hidung menjadi lebih lemah, lembut dan berair. Selain itu apabila anda memang mempunyai kecenderungan allergi, maka selama kehamilan alergi anda juga mungkin akan menjadi lebih parah atau mungkin anda menjadi lebih sensitive/alergi pada saat hamil dibandingkan pada saat anda sebelum hamil terutama terhadap be-bauan yang kuat seperti asap pembakaran, bau masakan, asap rokok.
Apabila anda mengalami hidung tersumbat tanpa disertai dengan flu anda dapat menggunakan nasal spray yang bukan bersifat obat tetapi yang terbuat dari air garam. Selain itu anda dapat juga menggunakan uap air untuk beberapa menit saja sampai hidung tidak ter…

Pizza... oh... Pizza..

Syukur alhamdulillah, saat ini bunda dah sehat walafiat. Udah seminggu bunda istrahat dirumah. Bete juga sih, abis kerjaan makan-tidur terus.
Tapi entah kenapa dari kemarin bunda males banget makan yang namanya nasi. Makannya bubur jagung terus.
Trus, tadi saat bobok siang tiba2 jadi kebayang PIZZA! Langsung ngiler banget, pengeeeeen banget makan pizza! (Hiks, apa ini yang namanya ngidam ya?) Tapi di gorontalo mana ada pizza? (kasiaaaan deh bunda). Sekalipun ada, siapa yang mau beli siang2 gini?
Hiks...
Waktu bunda sms ayah malah diketawain. Katanya nanti kalo ke jakarta baru makan sepuasnya. Tapi kan pengennya sekarang!
Karena hati jadi gak enak gak kesampean, bunda bikin pizza akal2an. Indomie dimasak, trus dicampur dengan kocokan telur, terigu, bawang bombay, daun bawang, dll. Dimasak di teflon, diolesin blue band, kecap, saos tomat en sambal. Trus dipotong2 kayak potongan pizza.. hmmm...
Lumayan, walau rasanya indomie telur asli hehehe.
Pizza.. oh... Pizza...

Minggu ke-15 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto, Apabila ketika anda menyikat gigi anda dan dari gusi anda keluar darah maka hal ini juga salah satu kemungkinan terjadi pada saat kehamilan. Terjadinya pendarahan dari gusi ini juga disebabkan adanya peningkatan hormon. Hormon ini menyebabkan gusi lebih sensitif yang mengakibatkan timbulnya karang gigi dan hinggapnya bakteri di gusi anda yang dapat membuat kondisi gusi semakin memburuk.
Selama kehamilan memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Selama kehamilan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula tinggi selain untuk menghindari diabetes selama kehamilan (Gestational diabetes) dan juga untuk melindungi gigi anda, sebaiknya setelah anda mengkonsumsi makanan yang manis segeralah menyikat gigi anda untuk menghindari penumpukan sisa makanan di gigi, selain menyikat gigi anda sebaiknya juga cobalah untuk meyikat lidah, perbanyaklah mengkonsumsi Vitamin C yang dapat mengurangi gusi berdarah (gunakan dalam dosis kecil atau sesuai…

Bunda Sakit

Udah 2 hari ini bunda sakit. Awalnya jumat pagi badan meriang, makanya bunda gak masuk kantor. Badan terasa lemas dan gak nafsu makan. Siangnya kepala jadi nyut2an. Sakiiit banget rasanya. Badan jadi panas. Ya Allah, ada apa denganku?
Mau minum obat sakit kepala takut gak baik untuk kandungan.
Karena gak tahan sakitnya bunda sampe nelpon ayah sambil nangis. Jadinya ayah panik en serba salah. (Maafin ya ayah..) Orang serumah jadi ikutan panik, ibu dan tante gantian mijit tapi sakitnya gak ilang2 hiksss...
Trus sabtu sore bunda ke dokter Elson lagi. Dokternya kaget soalle kamis kemarin kan baru diperiksa. Bunda diperiksa dan dikasih resep Dapyrin untuk sakit kepala dan satunya lagi obat tablet warna hijau (gak tau nama obatnya) yang dosisnya 4 tablet sekali minum selama 2 hari.
Trus bunda disuruh bed rest selama 5 hari makanya dikasih surat keterangan sakit. Padahal selasa besok bunda ada tugas ngumpulin Data Instrumen TNA LPMP Gorontalo. Jadinya mengundurkan diri karena kondisi emang gak m…

Ke Dokter (2)

Sore tadi bunda ke dokter untuk kontrol kandungan. Kali ini ke Dr.Elson Zakaria, Sp.OG, sesuai saran temen2 bunda. Jadi bukan dokter yang kemarin lagi.
Kebetulan bunda ada keluhan batuk. Sempat khawatir juga sih, soalle katanya ibu hamil kan gak baik kalo batuk. Tapi kata dokter gpp, asal bukan batuk rejan.
Trus kandungan bunda di USG>. Janinnya udah jelas keliatan, dokter jelasin bagian kepalanya, panjangnya dsb. Katanya normal sesuai usia kandungan. Alhamdulillah..
Kali ini bunda di kasih resep Silex (obat batuk) dan vitamin Ultravita. Eh, BB bunda naik lagi. Sekarang 52 Kg. Jadi sebulan ini naiknya 1 Kg.
Doain ya sehat2 aja...

Minggu ke-14 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto, Anda sudah bisa menikmati kehamilan anda di minggu ke 14 ini, karena semua ketidak nyamanan yang terjadi di kehamilan trisemester ke 3 seperti morning sickness, mood yang naik turun, mual-mual, pusing-pusing akan mulai berkurang. Anda merasa semua energi anda yang selama ini hilang karena mengalami gejala kehamilan akan mulai berkurang, dan merasakan lebih fit serta kembalinya energi. Disaat ini anda akan merasa menikmati kehamilan anda. Berhati-hatilah dengan kembalinya energi anda yang hilang bersamaan dengan kembalinya nafsu makan anda bahkan papa beberapa wanita justru lebi merasa mudah lapar.
Sebaiknya anda mulai menyadari untuk tidak nyemil untuk mengurangi rasa lapar. Anda dapat menggantikan makanan yang tinggi kalori dan tidak bernutrisi dengan makanan yang bernutrisi seperti apabila anda mempunyai kebiasaan nyemil gorengan, ubahlah dengan nyemil buah-buahan, atau apabila anda menyukai makan coklat cobalah untuk membuat minuman susu rendah lemak dengan dita…

Minggu ke-13 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto, Kehamilan di minggu 13 anda mungkin akan merasakan nyeri di ulu hati, hal ini bisa terjadi terutama pada kehamilan pertama. Rasa nyeri di ulu hati ini dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon progesteron ataupun adanya perubahan secara fisikal dari tubuh anda, yaitu dari membesarnya rahim anda yang menekan perut ke arah atas yang dapat menimbulkan peningkatan asam ke esophagus.
Rasa nyeri di ulu hati dapat anda minimalisasikan dengan mengurangi makanan yang berminyak, makan yang terlalu banyak, mengatur pola makan sehari 6 kali dengan porsi yang sedikit daripada makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar, menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat.
Tangan mungil bayi anda sudah mulai berfungsi dan sudah mulai bisa menaruh jempol-nya di mulutnya tetapi belum dapat menghisapnya karena otot jaringan untuk menghisap belum berfungsi. Anda tidak perlu takut bayi anda akan kelaparan dan tidak ada warung karena di minggu ke 13 ini bayi anda sudah dapat menyerap…

Arisan Keluarga

Pagi tadi bunda sekeluarga (ada ibu, adik (iko), dan ponakan (rani)) kerumah tante. Soalle ada arisan keluarga "Hiola dan Dunggio" (marga dari pihak ibu). Namanya arisan keluarga pasti semuanya ngumpul. Tante, om, sodara sepupu, ponakan, semuanya rame ngobrol apa aja. Kalo istilah gorontalo 'karlota' hehe.
Tapi yang bikin bunda bete, hampir semua nanyain ayah, nanyain kalo bunda dah "isi", nanyain kapan ayah ke gorontalo, kapan bunda pindah ke jakarta, nanya inilah... itulah... *ugghh!* Kayak gak ada basa-basi lain aja. So what gitu looooh. hiks.
Tapi biarpun bete gitu, bunda tetap santai en senyum aja. (padahal dalam hati... ghhhrrrr!!!) hehehe. Positif thinking aja, berarti itu tandanya mereka perhatian kan ama bunda. Dari pada dicuekin. Ya nggak?

Buah Rambutan dari Mbah

Bunda dapat kiriman paket via TIKI dari ayah. Isinya buah rambutan. Kata ayah itu buah rambutan yang dikirim mbah dari Pekalongan khusus untuk bunda. (Soalle anak mantunya ini kan lagi ngidam..hehe). Waah, jauh banget ya ngirimnya. Berat diongkos nih, abis harga sekilo buah rambutan jauh lebih murah dibanding ongkos kirim sekilo via Tiki.
Hmm, beda lho! Bukan hanya rasa buahnya itu yang manis, melainkan nikmatnya rasa kasih sayang dan perhatian yang tulus dari mbah buat mantu dan calon cucunya.
Buahnya laris manis, baru dibuka langsung ludes. Pada rebutan lagi!
Hehehe, yang penting semua kebagian.
Makasih ya mbah... sering2 aja ngirimnya hehehe...