Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Entri [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Kamis, Januari 27, 2011

Minggu Ke-16

Penampakan bunda di minggu ke-16Gak terasa kehamilan bunda udah 16 minggu atau hampir 4 bulan. Alhamdulillah, saat ini bunda merasa lebih nyaman karena gejala mual dan muntah sudah berkurang. Nafsu makan udah kembali normal, malah kadang sehari bisa 4 kali makan.. :P~ Dan yang paling penting, gak masalah lagi kalo masuk kamar mandi :D

Pada minggu ini bunda mulai merasakan si baby sering bergerak. (Ini dia nih yang merupakan moment-moment yang paling indah selama masa kehamilan). Kadang di bagian perut sebelah kiri, kadang sebelah kanan. Bentuk tubuh bunda pun mulai berubah terutama di bagian perut, meskipun sepintas belum keliatan jelas perubahannya. Dan ini berdampak pada sebagian baju-baju yang mulai gak muat, utamanya celana (mesti segera pengadaan baju hamil nih :D)

Hal lainnya yang bunda alami sejak masuk di trimester kedua ini adalah frekuensi buang air kecil yang mulai sering, utamanya di malam hari. Karenanya bunda sering merasa haus dimalam hari yang kadang bisa menghabiskan air putih hingga 800mL semalaman (atau mungkin sebab-akibatnya terbalik ya? karena banyak minum jadinya sering buang air kecil). Tetapi, beda dengan BAB. Akhir-akhir ini bunda malah konstipasi padahal cukup makan sayuran dan buah. Seingat bunda sih dulu sewaktu kehamilan pertama juga pernah mengalami hal ini (duhh.. mau buka arsip catatan tapi koneksi gak bersahabat, next time deh).

O iyah.. bunda juga jadi sering insomnia. Kadang malam-malam bete sendiri karena gak bisa tidur. Kadang setelah terbangun karena BAK abis itu jadi susah tidur lagi. Akibatnya besoknya di kantor jadi sering menguap karena ngantuk -_-.
Keluhan lainnya di minggu ini adalah gusi yang sering berdarah kalo menyikat gigi. Menurut artikel tentang kehamilan yang bunda baca hal ini biasa terjadi pada ibu hamil akibat kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulang bayi. So, ini berarti bunda mesti menambah asupan kalsium. Apa perlu ya minum suplemen kalsium???

Berikut perkembangan janin pada minggu ke-16
Panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerakan-gerakannya lebih kuat. Ibu dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan meraba perut. Rambut halus tumbuh diseluruh dipermukaan tubuh janin, yang disebut lanugo. Plasenta terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. Panjang janin saat ini 16 cm dan beratnya 135 gram. Jika melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin. Otot janinsudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Ia sudah mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan kencing, dan cegukan. Pada minggu ini jika sinar terang di letakkan di perut anda, bayi akan menggerakan tangan ke arah matanya. Sistem pencernaan janin pun mulai menjalankan fungsinya. Dalam waktu 24 jam janin menelan air ketuban sekitar 450-500 ml. Hati yang berfungsi membentuk darah, melakukan metabolisme hemoglobin dan bilirubin, lalu mengubahnya jadi biliverdin yang disalurkan ke usus sebagai bahan sisa metabolisme.

Semoga di minggu berikutnya si baby akan bertambah besar dan kuat... biar "tendangan"nya pun lebih kuat ;-)

Label: ,


------------------------------------------------------------

Kamis, Januari 06, 2011

Minggu ke-13

Saat ini usia kehamilan bunda udah masuk ke Trimester ke-2. Pada masa ini biasanya dianggap sebagai masa kehamilan yang paling nyaman dibanding masa Trimester pertama dan ketiga. Karena semua gejala awal kehamilan seperti mual dan muntah mulai berkurang di masa ini.
Tapi di usia kehamilan minggu ke-13 ini, bunda masih merasakan mual dipagi hari seperti minggu sebelumnya. Utamanya setiap mandi dan menyikat gigi, pasti pake acara muntah dulu. Yang anehnya, kalo masuk kamar mandi dengan niat mau buang air (kecil/besar), rasa mual itu gak ada. Tapi kalo masuk kamar mandi dengan niat mau mandi, baru masuk aja langsung "uekk-ueekk". Apalagi pas menyikat gigi dan mencium aroma sabun mandi.. bener-bener eneq rasanya yang berakhir dengan muntah. Makanya, bunda jadinya malas mandi dan sikat gigi kalo dirumah (pssstttt...!!) dan akibatnya jadi males kemana-mana termasuk ke kantor :D
Yang lainnya, bunda gak nafsu makan nasi kalo dirumah. Apapun menu/lauknya gak ada yang bisa menggugah selera. Tetapi kalo di kantor (di kantin) bunda bisa makan nasi dengan lahapnya.

Di minggu ini (semalam) bunda kembali ke DSOG untuk mengontrol perkembangan kandungan. Kali ini ke dokternya bertiga dengan Aulia, pengen liat si baby dalam perut katanya ;-) Alhamdulillah, kondisi dan perkembangan si baby baik dan normal. Saat di USG (2 dimensi) bentuknya sudah mulai terlihat (bagian kepala, kaki) meskipun belum jelas. Aulia yang ikut menemani bunda saat diperiksa terlihat senyum-senyum sumringah saat dokter tunjukin si baby di monitor. Sayangnya gambarnya gak bisa di print :D

Berikut perkembangan janin pada minggu ke-13 :
Retina, kornea, iris (selaput pelangi), serta lensa mata sudah dapat berfungsi. Janin mengedipkan mata dan peka terhadap cahaya. Tumbuh kembang janin didukung oleh plasenta, yang menghubungkan antara ibu dan janin dalam hal makanan, pembuangan sisa metabolisme, serta menyaring zat-zat berbahaya. Kulit, otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk dan berada pada posisinya. Pada minggu ini, janin telah mampu merasakan detak jantung ibunya. Panjang bayi sekitar 7,5cm dengan trakea, paru-paru, perut, hati, pankreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. pada minggu ini jari tangan dan telapak kaki mulai terlihat.

Semoga si baby baik-baik saja ya... amien.

Label:


------------------------------------------------------------

Minggu, Desember 19, 2010

Amanah Besar yang Kedua

Alhamdulillah.. wa syukurillah..
Kalimat itu yang kami (Ayah/Bunda) ucapkan saat mengetahui bahwa dalam rahim bunda ada sebuah "titipan" Allah yang diamanahkan kepada kami..
Kehamilan bunda yang kedua ini kurang lebih 4 tahun setelah persalinan pertama. Sebenarnya untuk kehamilan kedua ini bunda rencanakan pada awal tahun 2010, setelah Aulia berusia 3 tahun. Tetapi saat itu tanpa direncana bunda ditugaskan untuk mengikuti diklat/short course di Bandung selama 3 bulan. (Next post, bunda share deh pengalamannya ;)
Alhasil, rencanapun tertunda hingga setelah diklat selesai (April 2010) bunda merencanakan kembali kehamilan ini. Dan saat itu bunda dalam dilema, antara rencana kehamilan ini dan pilihan melanjutkan studi ke Bandung. Hingga akhirnya seingat bunda, pada bulan Juni 2010 (setelah balik dari Mudik Liburan 2010) dengan pilihan yang sudah bulat dan yakin.. dengan ditemani si ayah, bunda ke DSOG untuk konsultasi persiapan kehamilan yang kedua ini.. (Subhanallah.. atas pilihan ini..)

Dan setelah menunggu 4 bulan (Juli-Oktober), hidayah itu datang. Siklus menstruasi bunda yang biasanya lancar setiap bulannya, tiba2 telad pada bulan November. Jadi H2C deh.. Dan 'insting' bunda pun meyakinkan bahwa bunda telah hamil. Apalagi ditambah dengan gejala-gejala lainnya seperti rasa ngantuk yang luar biasa pada pagi hari menjelang siang (antara jam 9 - 11 pagi), mulut terasa kering, tenggorokan pahit, dan kurang nafsu makan.. dan masa-masa 'berat' pun di mulai :D

Telat 1 minggu walopun bunda yakin 75% udah hamil tapi masih belum juga ngetest kehamilan pake test pack. Soalle saat itu emang lagi sibuk-sibuknya dengan tugas kantor. Hingga pas hari itu bunda mendapat tugas untuk monev keluar kota (Marisa, Pohuwato). Bunda yang biasanya setiap melakukan perjalanan jauh selalu 'doping' pake obat anti mabuk, pagi itu sengaja gak minum (karena merasa lagi hamil) :D Padahal pagi itu sebelum berangkat rasanya perut kembung dan rada mual. Dan akhirnya.. bisa ditebak, sepanjang perjalanan terasa sangat memilukan (kata mas Ebiet G. Ade hihihi).
Selama perjalanan (pergi-pulang) bunda 'menghabiskan' 9 (sembilan) kantong plastik dari 12 lembar bekal kantong yang dibawa. Padahal sampe di tempat tugas disuguhi bawal bakar, udang goreng.. tapi gak ada yang bisa menggugah selera. Dan pulangnya pun langsung teparr!! *Kapok dah*

Besoknya bunda langsung test urine pagi pake testpack. Dan.... tettt..tttereeeett... perlahan-lahan muncul 2 garis pink tanda positif (+). Alhamdulillah... ^_^
Dan dalam sekejab muncullah keinginan ini-itu.. (hahaha sugesti hamil kalee yahhh). Hal yang pertama bunda pengin makan adalah "pisang siram" (seperti milu/jagung siram, tetapi jagungnya diganti dengan pisang kepok yang masih muda). Karena tinggal dikampung yang di halaman rumah banyak ditanam pohon pisang, pagi itu oma aulia langsung 'panen' pisang kepok muda dan terwujudlah keinginan pertama. ;-P

Trus, tanggal 19 November 2010 bunda ke DSOG (masih dokter yang dulu menangani kehamilan pertama bunda) untuk memeriksakan kandungan. Saat ini usia kandungan bunda udah 6 minggu jika dihitung berdasarkan HPHT. Pas di USG terlihat dimonitor ada gumpalan bulat hitam di dalam rahim bunda yang menandakan adanya sang janin. *Alhamdulillah, udah yakin 100% kalo lagi hamil* Selain diberi vitamin "P**vita", bunda juga minta obat untuk mengatasi mual. Soalle setiap hari (pagi) rasa mual luar biasa datang menyerang, seiring dengan mulai menghangatnya sinar matahari pada jam 9-10 pagi. Dan karena rasa mual ini nafsu makan berkurang, sukanya yang asam-asam hingga maag pun menyerang. Alhamdulillah, sejak minum vitamin dan obat maag (obat maag ini bunda minum sesuai kondisi jadi gak diminum sesuai dosis dan gak sampe habis), bundapun udah bisa 'nelan' makanan. Dan bunda rasa, masa ngidam kali ini gak sama seperti kehamilan pertama dulu. Dulu mah anteng, mungkin karena dulu bunda hamil jauh dari si ayah jadi si baby gak macem-macem :D

Tetapi, lebih dari semua itu bunda merasa sangat enjoy menikmati day by day masa-masa ini. Karena apa dan bagaimanapun yang dirasakan, semua ini adalah anugerah besar dari Allah bagi bunda dan keluarga dan lebihnya membuat hidup bunda begitu berarti. Alhamdulillah ya Allah, semoga kami bisa menjaga amanahMU ini... Amien.

Label:


------------------------------------------------------------

Kamis, Desember 16, 2010

Back To Blog ;-)

Duwhh... rasanya kangen, terharu, dan.. hiks, *speechless deh...* akhirnya bisa login di blogger dan posting disini lagi setelah hampir 17 bulan (1,5 tahun) blog ini terbengkalai. Jangankan di update di tengok aja jarang :D

But, alhamdulillah... saat ini 'mood' ngeblog balik lagi dan mungkin... *mungkin yaaa* karena bawaan my baby. Yup, saat posting ini si baby di kandungan bunda udah berusia 10 minggu. And next... catatan tentang si baby akan mengisi kembali blog ini.

Ummhhh.. rasanya bunda pengiiinnn banget cerita banyak tentang segala sesuatu.. utamanya catatan yang sempat hilang selama absen dr dunia blog :D. Karena banyak cerita dan pengalaman suka dan duka yang telah terjadi selama 1,5 bulan, utamanya cerita tentang Aulia.

Semoga nanti sebagian cerita yang hilang bisa bunda share lagi disini...

Label:


------------------------------------------------------------

Rabu, Juli 15, 2009

Aulia 34 Bulan

Aulia 2th+10blnGak terasa Aulia sekarang berusia 34 bulan ato 2 tahun + 10 bulan. [Bentar lagi mau ultah nih, jadi siapin kado-nya dari sekarang ya! :P]
Alhamdulillah, Aulia tumbuh menjadi anak yang sehat dengan tahapan perkembangan yang normal sesuai usianya. Berikut update perkembangan aulia saat ini, yang menonjol selama ini menurut perhatian bunda.

  • Makin Chubby. Yup! BB-nya terakhir di timbang 2 bulan lalu 17Kg, keiknya sekarang 18-19 Kg deh! Liat aja pipinya, makin chubby kan? :D Dan ini berdampak pada kostum! Kalo belanja bajunya, ukurannya mesti lebih. Bulan April kemarin bunda sengaja beliin celana jeans yang labelnya "4 y" maksudnya biar awet usia pakenya. Upss.. sekarang itu celananya udah passs banged, alamat bulan depan dah pensiun lagiy. Hihihihi

  • Nafsu Makan Stabil. Yeeiyalaahh.. gak mungkin pipinya chubby kalo nafsu makannya kurang. Dan alhamdulillah gak pake suplemen penambah ini-itu. Menu lauknya pun sekarang udah menu orang dewasa, gak pake disisihin lagi. Kecuali kalo kita pengen makan yang pedas-pedas. Masakannya pake menu Gorontalo, secara kokinya orang gorontalo :D (Kuah asam, tumis, ikan bakar/goreng + dabu-dabu, dll). Malah sering makan sepiring berdua (aulia-bunda). Dan kalo aulia lagi doyan, biasanya minta 2-3 kali tambah. Kalo sayur, aulia sukanya sayur yang ditumis (daun kangkung, daun sawi, kacang panjang, dll). Dan tak ketinggalan 'jimat-nya' dalam setiap suapan : KERUPUK. Pokokke, apapun makanannya.. setiap suapan mesti pake krupuk!

  • Pipis dan Pup. Kalo dipostingan sebelumnya (bulan Mei 2009) bunda masih pakein diapers kalo bepergian/jalan-jalan. Sekarang udah benar-benar say goodbye diapers. Diusia sekarang, aulia udah bisa mengontrol pipis-nya. Kalo bepergian biasanya mau pipis kalo udah nyampe rumah, atau selalu bilang kalo mau pipis. Gitupun kalo mau pup, selalu pupnya di WC. Kecuali... kalo aulia lagi butuh diperhatikan, biasanya dengan sengaja dia akan ngompol dicelana sambil tersenyum puas udah bikin bunda/oma melotot :P

  • Senang Main Peran. Kalo bunda dirumah atau pas wiken, aulia selalu minta tukaran peran dan nama. Aulia minta dipanggil "bunda" dan bunda dipanggil dengan sebutan "aulia". Ini gak hanya berlaku antara kami berdua, tapi berlaku bagi seisi rumah dan siapa saja yang berada dirumah. Selama tukar peran ini belum disepakati untuk berakhir, maka panggilan namanya pun masih terus berlaku. Dan aulia gak akan lupa, coz dia akan protes besar kalo tanpa sengaja dipanggil dengan nama Aulia. "Ini bukan Auliaaaaa....! Ini Bundaaa!!" Sambil nunjuk dirinya.
    Kesempatan ini biasanya bunda gunakan untuk merangsang kreatifitasnya dan mengontrol sifat/sikap buruknya. Bunda yang berperan sebagai "aulia" kadang minta di dongengin, nanya bacaan doa-doa, minta digambarin ini-itu, minta dinyanyiin lagu. Pun "si bunda" minta "aulia" berhitung misalnya, maka dengan sengaja bunda bikin salah, dan aulia segera merespon dengan memperbaikinya. Atau kalo aulia mengisap jarinya, bunda langsung protes "masak bunda isap jari??" dan dengan malu-malu aulia akan melepas isapannya.. hehehe

  • Senang Lagu Dewasa. Kayaknya Aulia pun merasa udah gak zamannya lagi nyanyi lagu -balonku, cicak didinding, kebunku, dll- karena setiap diminta menyanyi aulia lebih senang menyanyikan lagu-lagu dewasa yang lagi hits. (Duhh.. bunda aja gak hapal judul sama penyanyinya.. hehehe.) Lagu Suara, The Virgin, Tak Gendong Kemana-mana, pokokke lagu yang sering nongol di TV deh. (Apa karena "kepagian" diajarin lagu anak-anak jadinya cepat bosan ya????, apa karena perkembangan anak zaman sekarang emang gini???)

  • Main Plestisin. Sejak sebulan lalu aulia bunda izinin main plestisin (lilin warna-warni yang bisa dibentuk). Sebenarnya plestisin ini udah lama dibeli, cuman karena pertimbangan aulia suka mengisap jempolnya jadi bunda takut abis main lilin ini dan tanpa cuci tangan aulia akan mengisap jarinya. Brubung sekarang isap jempolnya udah berkurang (hanya menjelang tidur aja) dan aulia udah bisa cuci tangan sendiri pake sabun dan udah ngerti bahwa habis bermain harus cuci tangan, maka bunda ijinin main plestisin, namun tetap dikontrol.

  • Senang Difoto. Ini mah bukan cuman aulia ajah ya? aghahahahaha.. secara sejak virus facebook mewabah dimana-mana, setiap yang punya akun pesbuk pasti tingkat narsisnya meningkat drastis, setiap momen pasti tak lengkap tanpa foto-foto dan di unggah ke pesbuk.. wkwkwkwkwk.... Aulia blom punya akun aja dah narsis gimana kalo dah punya ya? he..he..he..

  • Pintar Bikin Alasan. Entah alasannya masuk akal atau gak, aulia selalu pintar bikin alasan kalo ditanya atau disuruh melakukan sesuatu. Seperti kejadian ini; Aulia mau belajar menggambar, trus bunda suruh ambil meja tulisnya. Aulia bilang,
    "Aulia masih katiyi, bulum bisa angkat. Nanti mo jatoh poli, saki kaki au!" (Aulia masih kecil, belum bisa angkat (meja). Nanti jatuh dan kena di kaki aulia!). Waksss..!
    Atau seperti kejadian ini;
    Saat bunda kelamaan nungguin aulia di WC dan menyuruh aulia agar cepat, aulia dengan entengnya bilang, "bunda, itu tai masih dayan-dayan didalam puyu.. bulum mau kaluar dia!" (bunda, itu taik masih jalan-jalan di dalam perut, belum mau keluar) *sambil nunjuk2 perutnya*. Dan sampe akhirnya saat itu gak jadi beolnya. Pas keluar dari WC, aulia dengan tenang bilang, "masih bobo dia (taik-nya, red)!" wakakakakakak.. *ngakak abis deh!*

  • Dialek Bahasa. Pastinya ikut bahasa ibunyalah. Karena tinggal, dibesarkan, diasuh di lingkungan orang-orang yang menggunakan dialek bahasa Gorontalo ya jadinya Aulia ikut dialek Gorontalo. Secara si ayah pun udah bisa menyesuaikan dengan dialek/logat Gorontalo - Manado. Jadi tak heran lagi kalo aulia dengan sangat fasih bilang, "ti au punya olo ada uti!" atau, "bunda, na'o!" atau, "bili kamari olo ti au waaa?". Bahkan aulia mengerti bahasa daerah Gorontalo, dan sepatah-duapatah kata aulia sudah bisa mengucapkannya. Seperti waktu nginap di quality, pulangnya aulia bercerita panjang lebar sama omanya. Pas omanya tanya, "Ada televisi?" Aulia menjawab, "adaa..! 'dutu-dutu' dimeja! 'tetooo'! *sambil nunjuk atas meja*" hahahahah.

  • Untuk beberapa nama benda, aulia masih sering terbalik pengucapannya walopun udah berkali-kali dibetulin. Seperti kata "tepeyisi" (=televisi), "panso" (=shampoo), "tekap" (=kecap), "tusi" (=tisu), dll

  • Bisa menceritakan kembali cerita di buku bergambar. Walo kadang alurnya masih muter-muter dan diselingi iklan yang lewat.. hahahah... dan tentu diceritakan dengan bahasa aulia.

  • Jika ada sesuatu yang dilarang, dengan tegas aulia bilang, " Aulia so basar bunda!! weeee!!!" (=Aulia udah besar bunda! niih!) Sambil berdiri tegak dengan dada dibusungkan. Misalnya, minta pake bedak compact atau handbodhy-nya bunda, minta Kispray waktu main setrikaan, minta HP-nya bunda, dll

  • Mau nonton video Rekaman Aulia? Silahkan buka aja di sini.

Label:


------------------------------------------------------------

Jumat, Mei 01, 2009

Apa Kabar Aulia?

Aulia 31 Bulan
Senaaaang rasanya bisa posting disini lagi setelah sekian lama blog ini sengaja dibiarkan berjamur dan berlumut *emang warnanya lumut kan?*
Ibu bloggers pasti dah tau kan alasannya? Dulu karena demam plurk... sekarang lagi keasyikan main fezbuk. Secara di FB lebih komplit prendsnya! Dari family (sodara, om, tante, kk, adek), temen sekolah, temen kuliah, temen kerja, temen kost, temen bisnis, sampeee.... temen gebetan di dunia maya tempo doeloe (wakakakak)
semua ngumpul di FB... gimana gak betah coba??? [Halllaaaah... basi!]

Secara pulak di FB bunda gak perlu susyah payah merangkai kata panjang lebar seperti ini, cukup satu kalimat aja di status. Walo sebenarnya beda sihh..

Yup! Postingan kali ini bunda mau mencatat perkembangan Aulia sampe saat ini berusia 31 bulan a.k.a 2 tahun + 7 bulan.
Di usia ini aulia makin cantik tentunya, makin lancar kemampuan bahasanya, makin lincah motoriknya, dan mulai bisa menganalisa sesuatu dengan pertanyaan yang polos! Antara lain : *yang bunda ingat saat posting*
  • Ceriwis! Yup, kemampuan bahasanya makin lancar, lugas dan polos! Walaupun pengucapannya masih cadel. Bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan sebaliknya mampu bertanya tentang sesuatu dengan kalimat yang benar.
    Bahkan kadang menyebut kata/kalimat refleks yang sebelumnya tidak biasa diucapkan. Seperti kejadian tanpa sengaja oma-nya memecahkan gelas, aulia langsung berteriak kaget, "Ya ampuuunn...!" (Ini keiknya kalimat sinetron deh!!!) :P

  • Aulia pun mulai bisa menganalisa sesuatu yang dialaminya ataupun yang dilihatnya, bahkan yang belum pernah dilihatnya! Seperti bertanya, "Bunda, ada dimana Tuhan?" (Saat aulia memukul kucing dan bunda bilang bahwa orang yang suka mukul kucing itu tidak disayang Tuhan)
    Atau saat bunda membaca dongeng Siput dan Kura-Kura, bahwa siput tidak punya kaki. Aulia nanya, "kenapa dia tidak punya kaki, bunda?" (Bunda mesti lebih cerdas nih menjawab pertanyaan kayak gini!)

  • Senang main masak-memasak tapi gak mau pake barang mainan lagi! Alhasil... gelas, piring, mangkok, sendok di dapur jadi koleksi mainan aulia. Abis masak-memasak, main peran jual-beli. Aulia sebagai penjual, ayah-bunda-oma dan seisi rumah "wajib" membeli ^_^.

  • Daya ingatnya makin kuat. Banyak lagu yang udah dikuasainya, sampe lagu dalam bahasa daerah Gorontalo "Hulondhalo LipuU" udah dihapal liriknya :P. (Yang punya akun facebook bisa klik disini untuk liat videonya).
    Bahkan iklan diradio, soundtrack sinetron, iklan di tv, udah hapal diluar kepala. Doa makan, doa tidur, doa belajar, doa turun dari rumah, juga udah lancar hapalannya.

  • Udah pintar bilang pipis dan pup di toilet. Tapi kalo kemana2 bunda tetap gak PD untuk gak dipakein diapers. Soalnya kalo dah bilang mau pipis gak boleh 'pake lama' mesti segera buka celana dan ke toilet, kalo gak ya kebelet dehhh pipis dicelana!

  • Mulai pintar mewarnai (gak keluar dari garis lagi), walopun mewarnainya blum merata. Tapi cara megang crayon/pensil-nya udah benar. Hanya saja konsentrasinya belum bisa bertahan lama. Paling 5 menitan, abis itu kabur lagi...

  • Makin menunjukkan sikap mandiri! Pake/lepas baju, celana, sepatu, gosok gigi, mandi, makan, minum dan lainnya gak mau dibantu lagi. Maunya dilakukan sendiri!
    Selalu 'mau' merapikan/menyimpan mainannya, buku, crayon, pensil dll ketempatnya setiap selesai dipake bermain.

  • Senang bermain menggunting dan menempel. Kalo menggunting blom bisa dengan benar/rapi. Yang menggunting biasanya oma/bunda dan aulia yang menempelnya. Kalo menempel kadang gak mau diajarin, maunya ditempel sesuka hatinya... jadi kadang kalo menempel gambar bunga ; tangkainya di atas, bunganya di bawah.... haiyaaahhhh

  • Nafsu makannya masih tetap bagus. So, badannya cenderung endut deh! Pipinya jadi chubby banged.. hehehehe. Soal alergi, masih tetap alergi santan/kelapa. Tapi reaksinya cepat ilang. Paling lama 5 menitan bercak merahnya udah ilang. (semoga dengan bertambahnya usia reaksi alergi ini pun akan menghilang ya nak! amien)

  • Perkembangan negatif yang mulai nampak diusia sekarang antara lain :
    KERAS KEPALA (kayak bundanya nih). Tapi bunda udah tau penawarnya. Kalo dibujuk dengan sikap dan suara lembut, sikap aulia pun pasti melunak dan menurut.
    SUKA MEMUKUL. Aulia ringan tangan kalo emosinya naik. Tangannya pasti dengan cepat melayang ke badan kita kalo dia lagi marah. Apalagi kalo kita balik marah, aulia pun makin menjadi-jadi. Biasanya kalo udah begini *dan kalo hati bunda lagi adem nih*, cukup bunda tatap matanya dengan mimik sedih, aulia langsung minta maaf dan nangis.


  • Apalagi ya? keiknya itu yang bunda ingat. Yang lainnya nanti bunda apdet lagi yah.. :D

Video Aulia lainnya bisa dilihat di halaman facebook bunda. Siahkan meluncur dari sini....*klik* ^_^

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio