Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2006

Imunisasi Kedua

Kemarin bunda ke puskesmas untuk Imunisasi TT (Tetanus Toksoid) yang ke-2. Bunda ditemenin ayah *sekarang kemana2 pasti berdua deh :P* Seperti biasa, setiap pemeriksaan harus nimbang BB dan diukur tekanan darahnya. BB bunda naik lagi! Sekarang udah 63 Kg! *Hiehiehie... suburrr* Trus, tensi darahnya 110/pp.
Abis itu, kandungannya diperiksa, alhamdulillah dedek baik2 aja. Tinggi fundus 24 cm. Denyut jantungnya teratur. Posisi kepala dedek dibawah. *Moga gak muter2 lagi yaaa.. biar gak samsung, eh salah, gak sungsang :D, soalle bunda pengen persalinan normal :)* Setelah imunisasi kedua ini, berarti imunisasi bunda selama hamil dah komplit deh!
Abis dari puskesmas, bunda gak masuk kantor. *boloss gituh loh :P* hehehe. Bunda malah ngajak ayah jalan2 naik bentor :D. Trus mampir di Pujasera, ayah yang pengen, katanya biar inget waktu taon baru 2005, waktu ayah datang nglamar bunda :P. Dan duduknya di meja no.13. Hiehiehie. Ayah pesan ayam bakar, dan bunda hmmm.. coto makassar.. srllupp..!
Abis…

Minggu Ke-29 Kehamilan

Gambar
Hai Nunieq Haryanto,
Terkadang pada malam hari dan siang hari anda juga akan merasakan tegang atau kesemutan atau rasa terbakar pada kaki dan betis anda. Gejala ini sering menyerang justru pada saat anda beristirahat atau bahkan pada saat anda hendak tidur anda tidak dapat menggerakan kaki anda. Tapi rasa ini hanya menyerang sementara apabila anda terbangun dan duduk atau mengubah posisi maka rasa itu akan hilang dengan sendirinya.
Mengurangi gejala kelelahan pada kaki ini dapat melakukan stretching pada kaki anda, mengompres kaki anda dengan air hangat dan air dingin, atau juga anda mandi dengan air dingin dan air hangat, memijat dengan pelan, melakukan latihan relaksasi. Selain itu juga hindari tidur-tiduran ditempat tidur, sebaiknya apabila anda benar-benar telah mengantuklah anda bisa berbaring dan tidur.
Sensitifitas dari bayi anda sudah semakin jelas, bayi sudah bisa mengidentifikasi perubahan suara, cahaya, rasa dan bau. Selain itu otak dari bayi sudah bisa mengendalikan nafas dan…

Gorontalo-ku Bersedih ...

Gambar
Saat ini kota gorontalo lagi bersedih...
Setelah hujan mengguyur kota gorontalo selama sepekan kemarin kini kota gorontalo terendam banjir yang mengakibatkan ribuan rumah terendam air. Hingga kemarin tercatat, 3.360 pengungsi yang ditampung di 20 posko yang ada.
Banjir kali ini disebabkan luapan Sungai Bone yang tidak mampu lagi menampung air hujan. Daerah paling parah yang dilanda banjir adalah Kelurahan Talumolo, Botu, Bugis, Padebuolo, Tamalate, Ipilo, dan Tenda yang terdapat di Kecamatan Kota Selatan dan Kota Timur.
Syukur, tempat bunda jauh dari daerah yang kebanjiran. Meskipun gitu, ayah dan bunda sempat menerima telpon dan sms dari family diluar daerah yang menanyakan kondisi keluarga di gorontalo. Untungnya pula, gak ada sanak family bunda yang berada di lokasi parah yang terkena banjir. Hanya ada beberapa teman yang saat ini sudah mengungsi karena rumahnya masih terendam banjir.

Dan sebelumnya, hari minggu pagi pukul 05.15 Wita, gorontalo sempat diguncang gempa Teknonik berkekuat…

Nuansa Hijau

Sip dah, bunda dah beberapa hari ini sibuk ganti sampul catatan bunda. Soalle sampul yang kemarin warna ijo kebiruan *kali ya* dah lusuh. Sekarang diganti dengan warna ijo, warna kesayangan bunda yang adem biar temens yang bukan catatan ini ikutan adem gitu loh. hehehe...
Ijo... ijoo.. ijooo.. asyiknya rame-rame! *kayak iklan rokok ajah* :P
Gimana temens? adem gak? ^_*

Minggu Ke-28 Kehamilan

Gambar
Hai Nunieq Haryanto,
Anda mungkin akan merasakan kalau pada kenaikan berat badan dikehamilan trisemester merupakan kenaikan berat badan terbanyak dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini menunjukan pertumbuhan yang baik karena menujukan bahwa bayi anda pun mengalami perkembangan dan kenaikan yang tepat. Peningkatan berat badan ini tidak akan membuat anda terlihat gendut karena kanaikan berat badan ini di distribusikan antara lain untuk bayi anda dan placenta, dan juga ke cairan ketuban bagi bayi anda, dan juga ke payudara anda. Jadi anda tidak perlu khawatir kalo anda tidak terlihat sexy. Justru wanita hamil terlihat lebih sexy.

Walaupun berat badan anda akan meningkat banyak pada trisemester ketiga bukan berarti anda dapat memanjakan diri dengan makan yang banyak dengan beranggapan bahwa memang trisemester ketigalah yang membuat anda semakin besar. Anda tetap harus memperhatikan pola makan sehat anda agar kenaikan berat badan anda dalam batas yang normal dan tidak berlebihan. …

Gorontalo Gempa!

Jumat kemarin, 16 Juni 2006, pukul 10:56 Wita gempa tektonik berkekuatan 5,7 Skala Richter mengguncang Provinsi Gorontalo. Kebetulan hari jumat itu bunda izin gak masuk kantor soalle dirumah ada acara syukuran ulang taun ayah, bunda dan ibu yang kebetulan semuanya dirayain pada bulan Juni. (Ayah 8 Juni, Bunda 15 Juni dan Ibu 16 Juni).
Tapi, yang anehnya bunda sekeluarga dirumah dan tetangga sekitarnya gak ngerasain adanya gempa. Padahal gempanya sampe 2 kali, gempa kedua pukul 13:35 Wita dan kekuatannya cukup besar. Berita tentang adanya gempa justru ayah dan bunda tauk dari kakak di jakarta yang langsung nelpon ayah nanyain tentang kabar gempa di gorontalo. Mereka dengar beritanya di TV. Ayah malah jadi bingung hehehe.. Soalle emang gak kerasa ditempat bunda sih. Mungkin karena Pusat gempa berada di laut dengan jarak 117 km Barat Laut Gorontalo dan kedalaman 61 kilometer dibawa permukaan laut.
Kerasnya goyangan gempa ini hanya dirasakan oleh sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah…

30 (Tiga Puluh)...

Gambar
Hari ini...
aku ingin bersimpuh dihadapan-MU
aku ingin bersujud.. bersujud... dan bersujud lagi
untuk menghaturkan rasa syukurku
atas segala karunia-Mu selama ini
hingga aku bisa merasakan
nikmatnya hidup dan dunia-Mu
hingga diusiaku yang ke -30...

Hari ini...
usiaku berkurang satu... (lagi)

Selamat Datang Ayah...

Gambar
Kemarin si-ayah datang setelah 5 bulan terpisah. Seneng banget bisa ketemu lagi, bisa ngumpul lagi, bisa ngobrol lagi, dan yang penting bisa ngliat langsung kondisi bunda yang lagi pregnant :). Soalle waktu pisah kemarin si dedek masih 6 minggu. Jadi blom keliatan 'endut'nya. :D
Bunda dapet ole2 buah dari Mbak Romzana (kakaknya ayah), ada apel, sunkist, anggur. Soalle ini buah yang langka didapat di gorontalo.*hiks, tinggal dikampung sih* Katanya buat si dedek :). Trus dari embah (ibu mertua) ngirim dodol dan kripik tempe kesukaan bunda. Makasih ya, udah repot2 ngirim ole2..
Trus kalo dari ayah.. baju hamil, daster dan kaset music klasik buat dedek. Ini mah bukan ole2 tapi emang pesanan bunda hehehe..


Rencananya ayah mau tinggal di Gorontalo sampe si dedek lahir, sambil mencari peluang usaha yang cocok disini biar gak bete nunggu dirumah. Syukur2 kalo usahanya lancar bisa keterusan tinggal di gorontalo dan bunda gak usah repot2 lagi ngurus mutasi :) Doain ya...
Tapi kemarin pas ay…

Benda Kesayangan Tempo Doeloe

Dapat Pe-eR lagi nih. Kali ini dari Bunda Fia tentang cerita benda kesayangan tempo dulu.. mau gak mau harus segera dikerjain biar bisa dapat nilai "A" :P
Tapi ngomong soal benda kesayangan, bunda jadi BiNuN.. sibuk ingat2 masa kecil dulu, dan kayaknya gak ada tuh benda yang paling bunda sayang. :D
O. iya.. ada! *bunda baru inget :)*

Saat masih umur 4 tahun, waktu itu bunda dan kakak diajak Mama dah Papa ke toko "Bin Jusuf" (toko yang lumayan besar di jaman itu). Pas lagi liat2 mainan, tiba2 penjaga tokonya nunjukin boneka yang imut, ada botol susunya, ada topinya, ada sepatu dan koleksi bajunya. Bonekanya bisa nangis kalo botol susunya dicabut. Trus matanya bisa kedip2. Rambutnya panjang dikepang 2. Mirip boneka susan gitu. Pokokke cantik banget. Saat liat boneka itu bunda kecil langsung merengek minta dibeliin boneka itu. Tapi harganya mahal banget. Makanya Mama langsung bujukin bunda untuk dibeliin boneka yang lain aja, dibeliin 2 lagi. Tapi bunda kecil gak mau, te…

Minggu Ke-27 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Sekitar kehamilan minggu ke 27 ini anda harus sedikit berhati-hati dengan semakin meningkatnya tekanan darah anda. Apabila tekanan darah yang meningkat ini disebut dengan preeklamsia, hal ini harud diwaspadai karena dapat berakibat fatal terhadap bayi dan anda. Anda harus berhati-hati apabila anda mengalami pandangan mata yang kabur, berkeringat pada tangan dan wajah, meningkatnya berat badan secara tiba-tiba tanpa adanya peningkatan jumlah makanan, tiba-tiba anda merasa pusing tanpa sebab. Sebaiknya hubungi dokter atau bidan untuk tindakan selanjutnya.

Sebaiknya semenjak awal kehamilan anda tidak melewatkan pertemuan dengan dokter anda, karena dari pertemuan dari dokter itulah tekanan darah anda dapat terdeteksi. Ada 2 kemungkinan yang mungkin dapat anda lakukan apabila memang anda memiliki tekanan darah tinggi, yang pertama adalah untuk beristirahat di rumah lebih banyak atau anda akan beristirahat di rumah sakit dengan pengawasan yang ketat dari bayi anda.

Otak ba…

4 Things ...

Weks, dapat Pe-eR dari Mommy Ega nih :)
4 jobs I've had in my life
1. Asisten Laboratorium Kimia Dasar UNHAS : (Saat masih kuliah, pertama kali merasakan nikmatnya gaji pertama :D)
2. Jaga warnet: (Warnetnya Papih n Mamih (opa n omanya ega. Yanet n Bee@Net di Makassar. Ngisi waktu luang setelah wisuda dari pada dibilang pengangguran, sekalian mengenal dunia maya, sempat jadi Ratu MiRC :P )
3. Tenaga Pengajar :
(Dosen Luar Biasa di Universitas Gorontalo: Ngajar mata kuliah Biokimia dan Kimia Dasar di Fak. Kesehatan Masyarakat, pertama kali di panggil "Ibu" hehehe.)
(Guru di SMU Terpadu Wira Bhakti (Yayasan Al-Fath Wiraga Mulia): Pertama kali di panggil "bu guru", Ngajar Mata Pelajaran Kimia, pernah jadi Ibu Asuh, jadi Wali Kelas, jadi ibu asrama.. duh jagain 50 perawan... hiks)
4. Staf Seksi Kajian Mutu Pendidikan di LPMP Gorontalo : Job skrg neh, yang terpaksa bikin daku harus pisah dgn si ayah)

4 Movies I could watch over and over
1. Titanic : Nonton karena 'kata…

Sulit Tidur?

Gambar
Bunda dapat kiriman newsletter nih. Bunda posting disini sbg info buat temen2 yang lagi pregnant. Kali aja bisa bermanfaat :) Soalle bunda kadang susah tidur. Kirain karena jauh dari si ayah :P

Sulitnya Tidur Dimasa Seperti Ini
Hampir semua pasangan orang tua pasti pernah memiliki keluhan yang sama seputar kesulitan menikmati istirahat malam pada beberapa hari setelah kelahiran buah hati mereka. Tetapi siapa yang menyangka bahwa ternyata permasalahan seperti ini kerap melanda sang ibu sejak masa kehamilan.
Pada trimester awal kehamilan, biasanya ibu hamil lebih sering merasa lelah dan banyak tidur dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut sangatlah normal, mengingat bahwa pada masa tersebut tubuhnya bekerja keras untuk memberikan perlindungan dan makanan untuk menunjang perkembangan janinnya.

Tetapi setelah melewati masa itu, seorang wanita hamil cenderung memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. Bahkan banyak ibu yang mulai mengeluh tentang kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Happy Birthday My Love

Gambar
Hari ini ...
Betapa ingin aku tersenyum manis kepadamu,
Betapa ingin aku kau tahu bahwa kau begitu berarti dalam hidupku,
Betapa ingin aku hadir disampingmu,
dan membisikkan kata..
Selamat Ulang Tahun Sayangku...!
Tak ada yang bisa kuberi
Selain cinta kasih dan doa yang tulus...
Selamat ulang tahun suamiku sayang...

Minggu Ke-26 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Seiring dengan semakin membesarnya perut anda mungkin anda mulai merasakan sakit pada bagian punggung. Sakit ini bisa berupa pegal-pegal. Hal ini dikarenakan dengan membesarnya perut anda maka secara refleksi menyebabkan pundak anda kearah belakang untuk menahan beban depan tubuh anda dan bertumpu pada bagian belakang tubuh anda.
Untuk mengurangi keluhan sakit pada bagian punggung maka disarankan untuk mengurangi penggunaan sepatu dengan hak tinggi, tetap memperhatikan peningkatan berat badan sesuai standard karena kalau berat badan bertambah secara berlebihan maka akan menyebabkan semakin berat beban punggung anda, memperhatikan posisi tubuh yang baik dengan menegakan tubuh anda selain itu anda juga harus memperhatikan sikap apabila anda akan mengambil barang hindari membungkuk. Hindari berdiri, duduk dan berjalan dengan waktu yang lama.
Bayi anda sudah bisa mengedipkan matanya di minggu ke 26 ini selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya ya…