Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Jumat, Mei 01, 2009

Apa Kabar Aulia?

Aulia 31 Bulan
Senaaaang rasanya bisa posting disini lagi setelah sekian lama blog ini sengaja dibiarkan berjamur dan berlumut *emang warnanya lumut kan?*
Ibu bloggers pasti dah tau kan alasannya? Dulu karena demam plurk... sekarang lagi keasyikan main fezbuk. Secara di FB lebih komplit prendsnya! Dari family (sodara, om, tante, kk, adek), temen sekolah, temen kuliah, temen kerja, temen kost, temen bisnis, sampeee.... temen gebetan di dunia maya tempo doeloe (wakakakak)
semua ngumpul di FB... gimana gak betah coba??? [Halllaaaah... basi!]

Secara pulak di FB bunda gak perlu susyah payah merangkai kata panjang lebar seperti ini, cukup satu kalimat aja di status. Walo sebenarnya beda sihh..

Yup! Postingan kali ini bunda mau mencatat perkembangan Aulia sampe saat ini berusia 31 bulan a.k.a 2 tahun + 7 bulan.
Di usia ini aulia makin cantik tentunya, makin lancar kemampuan bahasanya, makin lincah motoriknya, dan mulai bisa menganalisa sesuatu dengan pertanyaan yang polos! Antara lain : *yang bunda ingat saat posting*
  • Ceriwis! Yup, kemampuan bahasanya makin lancar, lugas dan polos! Walaupun pengucapannya masih cadel. Bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan sebaliknya mampu bertanya tentang sesuatu dengan kalimat yang benar.
    Bahkan kadang menyebut kata/kalimat refleks yang sebelumnya tidak biasa diucapkan. Seperti kejadian tanpa sengaja oma-nya memecahkan gelas, aulia langsung berteriak kaget, "Ya ampuuunn...!" (Ini keiknya kalimat sinetron deh!!!) :P

  • Aulia pun mulai bisa menganalisa sesuatu yang dialaminya ataupun yang dilihatnya, bahkan yang belum pernah dilihatnya! Seperti bertanya, "Bunda, ada dimana Tuhan?" (Saat aulia memukul kucing dan bunda bilang bahwa orang yang suka mukul kucing itu tidak disayang Tuhan)
    Atau saat bunda membaca dongeng Siput dan Kura-Kura, bahwa siput tidak punya kaki. Aulia nanya, "kenapa dia tidak punya kaki, bunda?" (Bunda mesti lebih cerdas nih menjawab pertanyaan kayak gini!)

  • Senang main masak-memasak tapi gak mau pake barang mainan lagi! Alhasil... gelas, piring, mangkok, sendok di dapur jadi koleksi mainan aulia. Abis masak-memasak, main peran jual-beli. Aulia sebagai penjual, ayah-bunda-oma dan seisi rumah "wajib" membeli ^_^.

  • Daya ingatnya makin kuat. Banyak lagu yang udah dikuasainya, sampe lagu dalam bahasa daerah Gorontalo "Hulondhalo LipuU" udah dihapal liriknya :P. (Yang punya akun facebook bisa klik disini untuk liat videonya).
    Bahkan iklan diradio, soundtrack sinetron, iklan di tv, udah hapal diluar kepala. Doa makan, doa tidur, doa belajar, doa turun dari rumah, juga udah lancar hapalannya.

  • Udah pintar bilang pipis dan pup di toilet. Tapi kalo kemana2 bunda tetap gak PD untuk gak dipakein diapers. Soalnya kalo dah bilang mau pipis gak boleh 'pake lama' mesti segera buka celana dan ke toilet, kalo gak ya kebelet dehhh pipis dicelana!

  • Mulai pintar mewarnai (gak keluar dari garis lagi), walopun mewarnainya blum merata. Tapi cara megang crayon/pensil-nya udah benar. Hanya saja konsentrasinya belum bisa bertahan lama. Paling 5 menitan, abis itu kabur lagi...

  • Makin menunjukkan sikap mandiri! Pake/lepas baju, celana, sepatu, gosok gigi, mandi, makan, minum dan lainnya gak mau dibantu lagi. Maunya dilakukan sendiri!
    Selalu 'mau' merapikan/menyimpan mainannya, buku, crayon, pensil dll ketempatnya setiap selesai dipake bermain.

  • Senang bermain menggunting dan menempel. Kalo menggunting blom bisa dengan benar/rapi. Yang menggunting biasanya oma/bunda dan aulia yang menempelnya. Kalo menempel kadang gak mau diajarin, maunya ditempel sesuka hatinya... jadi kadang kalo menempel gambar bunga ; tangkainya di atas, bunganya di bawah.... haiyaaahhhh

  • Nafsu makannya masih tetap bagus. So, badannya cenderung endut deh! Pipinya jadi chubby banged.. hehehehe. Soal alergi, masih tetap alergi santan/kelapa. Tapi reaksinya cepat ilang. Paling lama 5 menitan bercak merahnya udah ilang. (semoga dengan bertambahnya usia reaksi alergi ini pun akan menghilang ya nak! amien)

  • Perkembangan negatif yang mulai nampak diusia sekarang antara lain :
    KERAS KEPALA (kayak bundanya nih). Tapi bunda udah tau penawarnya. Kalo dibujuk dengan sikap dan suara lembut, sikap aulia pun pasti melunak dan menurut.
    SUKA MEMUKUL. Aulia ringan tangan kalo emosinya naik. Tangannya pasti dengan cepat melayang ke badan kita kalo dia lagi marah. Apalagi kalo kita balik marah, aulia pun makin menjadi-jadi. Biasanya kalo udah begini *dan kalo hati bunda lagi adem nih*, cukup bunda tatap matanya dengan mimik sedih, aulia langsung minta maaf dan nangis.


  • Apalagi ya? keiknya itu yang bunda ingat. Yang lainnya nanti bunda apdet lagi yah.. :D

Video Aulia lainnya bisa dilihat di halaman facebook bunda. Siahkan meluncur dari sini....*klik* ^_^

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio