Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Kamis, Januari 27, 2011

Minggu Ke-16

Penampakan bunda di minggu ke-16Gak terasa kehamilan bunda udah 16 minggu atau hampir 4 bulan. Alhamdulillah, saat ini bunda merasa lebih nyaman karena gejala mual dan muntah sudah berkurang. Nafsu makan udah kembali normal, malah kadang sehari bisa 4 kali makan.. :P~ Dan yang paling penting, gak masalah lagi kalo masuk kamar mandi :D

Pada minggu ini bunda mulai merasakan si baby sering bergerak. (Ini dia nih yang merupakan moment-moment yang paling indah selama masa kehamilan). Kadang di bagian perut sebelah kiri, kadang sebelah kanan. Bentuk tubuh bunda pun mulai berubah terutama di bagian perut, meskipun sepintas belum keliatan jelas perubahannya. Dan ini berdampak pada sebagian baju-baju yang mulai gak muat, utamanya celana (mesti segera pengadaan baju hamil nih :D)

Hal lainnya yang bunda alami sejak masuk di trimester kedua ini adalah frekuensi buang air kecil yang mulai sering, utamanya di malam hari. Karenanya bunda sering merasa haus dimalam hari yang kadang bisa menghabiskan air putih hingga 800mL semalaman (atau mungkin sebab-akibatnya terbalik ya? karena banyak minum jadinya sering buang air kecil). Tetapi, beda dengan BAB. Akhir-akhir ini bunda malah konstipasi padahal cukup makan sayuran dan buah. Seingat bunda sih dulu sewaktu kehamilan pertama juga pernah mengalami hal ini (duhh.. mau buka arsip catatan tapi koneksi gak bersahabat, next time deh).

O iyah.. bunda juga jadi sering insomnia. Kadang malam-malam bete sendiri karena gak bisa tidur. Kadang setelah terbangun karena BAK abis itu jadi susah tidur lagi. Akibatnya besoknya di kantor jadi sering menguap karena ngantuk -_-.
Keluhan lainnya di minggu ini adalah gusi yang sering berdarah kalo menyikat gigi. Menurut artikel tentang kehamilan yang bunda baca hal ini biasa terjadi pada ibu hamil akibat kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulang bayi. So, ini berarti bunda mesti menambah asupan kalsium. Apa perlu ya minum suplemen kalsium???

Berikut perkembangan janin pada minggu ke-16
Panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerakan-gerakannya lebih kuat. Ibu dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan meraba perut. Rambut halus tumbuh diseluruh dipermukaan tubuh janin, yang disebut lanugo. Plasenta terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. Panjang janin saat ini 16 cm dan beratnya 135 gram. Jika melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin. Otot janinsudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Ia sudah mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan kencing, dan cegukan. Pada minggu ini jika sinar terang di letakkan di perut anda, bayi akan menggerakan tangan ke arah matanya. Sistem pencernaan janin pun mulai menjalankan fungsinya. Dalam waktu 24 jam janin menelan air ketuban sekitar 450-500 ml. Hati yang berfungsi membentuk darah, melakukan metabolisme hemoglobin dan bilirubin, lalu mengubahnya jadi biliverdin yang disalurkan ke usus sebagai bahan sisa metabolisme.

Semoga di minggu berikutnya si baby akan bertambah besar dan kuat... biar "tendangan"nya pun lebih kuat ;-)

Label: ,


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio