Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Kamis, Januari 06, 2011

Minggu ke-13

Saat ini usia kehamilan bunda udah masuk ke Trimester ke-2. Pada masa ini biasanya dianggap sebagai masa kehamilan yang paling nyaman dibanding masa Trimester pertama dan ketiga. Karena semua gejala awal kehamilan seperti mual dan muntah mulai berkurang di masa ini.
Tapi di usia kehamilan minggu ke-13 ini, bunda masih merasakan mual dipagi hari seperti minggu sebelumnya. Utamanya setiap mandi dan menyikat gigi, pasti pake acara muntah dulu. Yang anehnya, kalo masuk kamar mandi dengan niat mau buang air (kecil/besar), rasa mual itu gak ada. Tapi kalo masuk kamar mandi dengan niat mau mandi, baru masuk aja langsung "uekk-ueekk". Apalagi pas menyikat gigi dan mencium aroma sabun mandi.. bener-bener eneq rasanya yang berakhir dengan muntah. Makanya, bunda jadinya malas mandi dan sikat gigi kalo dirumah (pssstttt...!!) dan akibatnya jadi males kemana-mana termasuk ke kantor :D
Yang lainnya, bunda gak nafsu makan nasi kalo dirumah. Apapun menu/lauknya gak ada yang bisa menggugah selera. Tetapi kalo di kantor (di kantin) bunda bisa makan nasi dengan lahapnya.

Di minggu ini (semalam) bunda kembali ke DSOG untuk mengontrol perkembangan kandungan. Kali ini ke dokternya bertiga dengan Aulia, pengen liat si baby dalam perut katanya ;-) Alhamdulillah, kondisi dan perkembangan si baby baik dan normal. Saat di USG (2 dimensi) bentuknya sudah mulai terlihat (bagian kepala, kaki) meskipun belum jelas. Aulia yang ikut menemani bunda saat diperiksa terlihat senyum-senyum sumringah saat dokter tunjukin si baby di monitor. Sayangnya gambarnya gak bisa di print :D

Berikut perkembangan janin pada minggu ke-13 :
Retina, kornea, iris (selaput pelangi), serta lensa mata sudah dapat berfungsi. Janin mengedipkan mata dan peka terhadap cahaya. Tumbuh kembang janin didukung oleh plasenta, yang menghubungkan antara ibu dan janin dalam hal makanan, pembuangan sisa metabolisme, serta menyaring zat-zat berbahaya. Kulit, otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk dan berada pada posisinya. Pada minggu ini, janin telah mampu merasakan detak jantung ibunya. Panjang bayi sekitar 7,5cm dengan trakea, paru-paru, perut, hati, pankreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. pada minggu ini jari tangan dan telapak kaki mulai terlihat.

Semoga si baby baik-baik saja ya... amien.

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio