Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Rabu, Juli 15, 2009

Aulia 34 Bulan

Aulia 2th+10blnGak terasa Aulia sekarang berusia 34 bulan ato 2 tahun + 10 bulan. [Bentar lagi mau ultah nih, jadi siapin kado-nya dari sekarang ya! :P]
Alhamdulillah, Aulia tumbuh menjadi anak yang sehat dengan tahapan perkembangan yang normal sesuai usianya. Berikut update perkembangan aulia saat ini, yang menonjol selama ini menurut perhatian bunda.

  • Makin Chubby. Yup! BB-nya terakhir di timbang 2 bulan lalu 17Kg, keiknya sekarang 18-19 Kg deh! Liat aja pipinya, makin chubby kan? :D Dan ini berdampak pada kostum! Kalo belanja bajunya, ukurannya mesti lebih. Bulan April kemarin bunda sengaja beliin celana jeans yang labelnya "4 y" maksudnya biar awet usia pakenya. Upss.. sekarang itu celananya udah passs banged, alamat bulan depan dah pensiun lagiy. Hihihihi

  • Nafsu Makan Stabil. Yeeiyalaahh.. gak mungkin pipinya chubby kalo nafsu makannya kurang. Dan alhamdulillah gak pake suplemen penambah ini-itu. Menu lauknya pun sekarang udah menu orang dewasa, gak pake disisihin lagi. Kecuali kalo kita pengen makan yang pedas-pedas. Masakannya pake menu Gorontalo, secara kokinya orang gorontalo :D (Kuah asam, tumis, ikan bakar/goreng + dabu-dabu, dll). Malah sering makan sepiring berdua (aulia-bunda). Dan kalo aulia lagi doyan, biasanya minta 2-3 kali tambah. Kalo sayur, aulia sukanya sayur yang ditumis (daun kangkung, daun sawi, kacang panjang, dll). Dan tak ketinggalan 'jimat-nya' dalam setiap suapan : KERUPUK. Pokokke, apapun makanannya.. setiap suapan mesti pake krupuk!

  • Pipis dan Pup. Kalo dipostingan sebelumnya (bulan Mei 2009) bunda masih pakein diapers kalo bepergian/jalan-jalan. Sekarang udah benar-benar say goodbye diapers. Diusia sekarang, aulia udah bisa mengontrol pipis-nya. Kalo bepergian biasanya mau pipis kalo udah nyampe rumah, atau selalu bilang kalo mau pipis. Gitupun kalo mau pup, selalu pupnya di WC. Kecuali... kalo aulia lagi butuh diperhatikan, biasanya dengan sengaja dia akan ngompol dicelana sambil tersenyum puas udah bikin bunda/oma melotot :P

  • Senang Main Peran. Kalo bunda dirumah atau pas wiken, aulia selalu minta tukaran peran dan nama. Aulia minta dipanggil "bunda" dan bunda dipanggil dengan sebutan "aulia". Ini gak hanya berlaku antara kami berdua, tapi berlaku bagi seisi rumah dan siapa saja yang berada dirumah. Selama tukar peran ini belum disepakati untuk berakhir, maka panggilan namanya pun masih terus berlaku. Dan aulia gak akan lupa, coz dia akan protes besar kalo tanpa sengaja dipanggil dengan nama Aulia. "Ini bukan Auliaaaaa....! Ini Bundaaa!!" Sambil nunjuk dirinya.
    Kesempatan ini biasanya bunda gunakan untuk merangsang kreatifitasnya dan mengontrol sifat/sikap buruknya. Bunda yang berperan sebagai "aulia" kadang minta di dongengin, nanya bacaan doa-doa, minta digambarin ini-itu, minta dinyanyiin lagu. Pun "si bunda" minta "aulia" berhitung misalnya, maka dengan sengaja bunda bikin salah, dan aulia segera merespon dengan memperbaikinya. Atau kalo aulia mengisap jarinya, bunda langsung protes "masak bunda isap jari??" dan dengan malu-malu aulia akan melepas isapannya.. hehehe

  • Senang Lagu Dewasa. Kayaknya Aulia pun merasa udah gak zamannya lagi nyanyi lagu -balonku, cicak didinding, kebunku, dll- karena setiap diminta menyanyi aulia lebih senang menyanyikan lagu-lagu dewasa yang lagi hits. (Duhh.. bunda aja gak hapal judul sama penyanyinya.. hehehe.) Lagu Suara, The Virgin, Tak Gendong Kemana-mana, pokokke lagu yang sering nongol di TV deh. (Apa karena "kepagian" diajarin lagu anak-anak jadinya cepat bosan ya????, apa karena perkembangan anak zaman sekarang emang gini???)

  • Main Plestisin. Sejak sebulan lalu aulia bunda izinin main plestisin (lilin warna-warni yang bisa dibentuk). Sebenarnya plestisin ini udah lama dibeli, cuman karena pertimbangan aulia suka mengisap jempolnya jadi bunda takut abis main lilin ini dan tanpa cuci tangan aulia akan mengisap jarinya. Brubung sekarang isap jempolnya udah berkurang (hanya menjelang tidur aja) dan aulia udah bisa cuci tangan sendiri pake sabun dan udah ngerti bahwa habis bermain harus cuci tangan, maka bunda ijinin main plestisin, namun tetap dikontrol.

  • Senang Difoto. Ini mah bukan cuman aulia ajah ya? aghahahahaha.. secara sejak virus facebook mewabah dimana-mana, setiap yang punya akun pesbuk pasti tingkat narsisnya meningkat drastis, setiap momen pasti tak lengkap tanpa foto-foto dan di unggah ke pesbuk.. wkwkwkwkwk.... Aulia blom punya akun aja dah narsis gimana kalo dah punya ya? he..he..he..

  • Pintar Bikin Alasan. Entah alasannya masuk akal atau gak, aulia selalu pintar bikin alasan kalo ditanya atau disuruh melakukan sesuatu. Seperti kejadian ini; Aulia mau belajar menggambar, trus bunda suruh ambil meja tulisnya. Aulia bilang,
    "Aulia masih katiyi, bulum bisa angkat. Nanti mo jatoh poli, saki kaki au!" (Aulia masih kecil, belum bisa angkat (meja). Nanti jatuh dan kena di kaki aulia!). Waksss..!
    Atau seperti kejadian ini;
    Saat bunda kelamaan nungguin aulia di WC dan menyuruh aulia agar cepat, aulia dengan entengnya bilang, "bunda, itu tai masih dayan-dayan didalam puyu.. bulum mau kaluar dia!" (bunda, itu taik masih jalan-jalan di dalam perut, belum mau keluar) *sambil nunjuk2 perutnya*. Dan sampe akhirnya saat itu gak jadi beolnya. Pas keluar dari WC, aulia dengan tenang bilang, "masih bobo dia (taik-nya, red)!" wakakakakakak.. *ngakak abis deh!*

  • Dialek Bahasa. Pastinya ikut bahasa ibunyalah. Karena tinggal, dibesarkan, diasuh di lingkungan orang-orang yang menggunakan dialek bahasa Gorontalo ya jadinya Aulia ikut dialek Gorontalo. Secara si ayah pun udah bisa menyesuaikan dengan dialek/logat Gorontalo - Manado. Jadi tak heran lagi kalo aulia dengan sangat fasih bilang, "ti au punya olo ada uti!" atau, "bunda, na'o!" atau, "bili kamari olo ti au waaa?". Bahkan aulia mengerti bahasa daerah Gorontalo, dan sepatah-duapatah kata aulia sudah bisa mengucapkannya. Seperti waktu nginap di quality, pulangnya aulia bercerita panjang lebar sama omanya. Pas omanya tanya, "Ada televisi?" Aulia menjawab, "adaa..! 'dutu-dutu' dimeja! 'tetooo'! *sambil nunjuk atas meja*" hahahahah.

  • Untuk beberapa nama benda, aulia masih sering terbalik pengucapannya walopun udah berkali-kali dibetulin. Seperti kata "tepeyisi" (=televisi), "panso" (=shampoo), "tekap" (=kecap), "tusi" (=tisu), dll

  • Bisa menceritakan kembali cerita di buku bergambar. Walo kadang alurnya masih muter-muter dan diselingi iklan yang lewat.. hahahah... dan tentu diceritakan dengan bahasa aulia.

  • Jika ada sesuatu yang dilarang, dengan tegas aulia bilang, " Aulia so basar bunda!! weeee!!!" (=Aulia udah besar bunda! niih!) Sambil berdiri tegak dengan dada dibusungkan. Misalnya, minta pake bedak compact atau handbodhy-nya bunda, minta Kispray waktu main setrikaan, minta HP-nya bunda, dll

  • Mau nonton video Rekaman Aulia? Silahkan buka aja di sini.

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio