Minggu ke-15 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Apabila ketika anda menyikat gigi anda dan dari gusi anda keluar darah maka hal ini juga salah satu kemungkinan terjadi pada saat kehamilan. Terjadinya pendarahan dari gusi ini juga disebabkan adanya peningkatan hormon. Hormon ini menyebabkan gusi lebih sensitif yang mengakibatkan timbulnya karang gigi dan hinggapnya bakteri di gusi anda yang dapat membuat kondisi gusi semakin memburuk.

Selama kehamilan memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Selama kehamilan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula tinggi selain untuk menghindari diabetes selama kehamilan (Gestational diabetes) dan juga untuk melindungi gigi anda, sebaiknya setelah anda mengkonsumsi makanan yang manis segeralah menyikat gigi anda untuk menghindari penumpukan sisa makanan di gigi, selain menyikat gigi anda sebaiknya juga cobalah untuk meyikat lidah, perbanyaklah mengkonsumsi Vitamin C yang dapat mengurangi gusi berdarah (gunakan dalam dosis kecil atau sesuai dengan petunjuk dokter) dan Kalsium yang dapat memperkuat kondisi gusi anda. Selama kehamilan usahakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dan apabila dibutuhkan tindakan intensif terhadap gigi dan gusi anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi anda dan informasikan kehamilan anda.

Kehamilan di minggi ke 15 ini bayi anda sudah memasuki fase perkembangan pada fisik tubuhnya yaitu kakinya sudah mulai tumbuh dan memanjang, dan tangannya sudah membentuk lebih proporsional sesuai dengan tubuhnya. Tangan dan kaki bayi anda sudah mulai berfungsi dan bergerak walaupun anda masih belum bisa merasakan pergerakannya, selain itu jari mungil kaki dan tangannya telah dilengkapi dengan kuku yang mulai timbul. Jaringan kulit bayi anda masih sangat halus. Alis mata bayi anda sudah mulai terbentuk dan mata bayi anda sudah bisa menangkap adanya cahaya. Anda sudah mulai bisa menyiapkan perlengkapan bayi yang berwarna merah muda atau biru, karena di minggu ini anda sudah bisa melakukan check ultrasonography (USG) untuk melihat jenis kelamin bayi anda. Fase minggu ke 15 kehamilan bayi anda sudah seberat 70-73 gram dengan tinggi 10-12 cm.

Salam,
www.Bayi.us

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Back To Blogger

Aulia 22 Bulan

Back To Blog ;-)