Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Senin, Maret 27, 2006

Minggu ke-16 Kehamilan

Hai Nunieq Haryanto,
Hidung tersumbat tanpa disertai sakit flu juga mungkin terjadi di masa kehamilan. Terjadinya keadaan ini biasanya terjadi karena terjadinya peningkatan hormon pada tubuh selama kehamilan yaitu hormon progesteron dan estrogen yang menimbulkan peningkatan dan pelebaran aliran darah di tubuh ke jaringan membran mucose di hidung yang menyebabkan hidung menjadi lebih lemah, lembut dan berair. Selain itu apabila anda memang mempunyai kecenderungan allergi, maka selama kehamilan alergi anda juga mungkin akan menjadi lebih parah atau mungkin anda menjadi lebih sensitive/alergi pada saat hamil dibandingkan pada saat anda sebelum hamil terutama terhadap be-bauan yang kuat seperti asap pembakaran, bau masakan, asap rokok.

Apabila anda mengalami hidung tersumbat tanpa disertai dengan flu anda dapat menggunakan nasal spray yang bukan bersifat obat tetapi yang terbuat dari air garam. Selain itu anda dapat juga menggunakan uap air untuk beberapa menit saja sampai hidung tidak tersumbat. Konsumsi-lah vitamin C karena vitamin ini dapat memperkuat jaringan kapiler anda. Selama anda menggunakan vitamin C sebaiknya gunakan dosis kecil atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Kepala bayi anda sudah semakin kuat, dan kuping dari bayi anda sudah tepat di posisi samping kepala. Anda sudah mulai bisa memperdengarkan lagu Klasik kepada calon bayi anda agar bayi anda lebih relax. Sistem tubuh dari bayi anda sudah mulai bekerja termasuk sistem kandung kemihnya yang sudah bisa berkemih lebih sering. Jantungnya sudah mulai bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya. Fase ini bayi anda sudah belajar untuk bernafas. Perkembangan tubuh bayi anda di minggu ke 16 kehamilan sudah seberat 100-120 gram dengan tinggi 11-12 cm.

Salam,
www.Bayi.us

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio