Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Rabu, Agustus 09, 2006

Minggu Ke-35 Kehamilan

Yup! Kehamilan bunda sekarang dah 35 minggu. Kalo kayak buah, udah mateng-matengnya nih :D. Kondisi bunda dan dedek saat ini baik2 aja. Yang bunda rasain sekarang perut seperti balon karet yang udah full anginnya. Kulit perut rasanya tegang seperti ditarik. Makanya saat ini keluhan utama bunda tiap saat adalah "GATAL". Bunda gak bisa jelasin gimana rasa gatalnya! Dan yang bikin "gemes" lagi, udah gatel tapi gak boleh di garuk! Padahal ini jari tangan udah gemes banget pengen menari2 di perut. duhh.. Udah diolesin macem2 sesuai saran temen ; pake baby oil, medigel, dikompres air hangat, tetaaaap gak ada yang ngalahin gatalnya. Saking gatelnya, kadang bunda meringis dan malah melampiaskan garukan tangan di perutnya si ayah.. Si ayah gak bisa protes perutnya di garuk karena gak tega juga liat bunda.. hikss.

Tadinya bunda sempat khawatir, koq tiba2 bisa gatel seperti ini, bunda takut ada efeknya ama si dedek. Tapi setelah bunda cari info, katanya reaksi seperti ini tidak berbahaya bagi si bayi. Rasa gatal ini terjadi karena adanya reaksi iritasi pada kehamilan atau yang disebut dengan pruritic urticarial papules. Hanya yang berbahaya apabila rasa gatal disertai dengan bentol-bentol dan sisik maka hal ini dapat dicurigai terjadinya herpes pada kehamilan. Dan kalo udah gitu kondisinya harus segera menghubungi dokter deh!

Selain rasa gatal di perut, yang bunda rasain sekarang juga sering BAB. Kadang sehari bisa 3-4 kali. Kalo yang ini sih gak terlalu mengganggu. Malah bunda seneng aja, soalle dulu pernah sembelit susyaaah BAB-nya. Dari pada sembelit, lebih baik sering BAB, yang penting BAB-nya normal/gak diare.

Trus, udah 2 hari ini perut bawah bunda kadang terasa nyeri, seperti nyeri haid. Katanya temen2 sih, si dedek udah mulai mencari jalan untuk keluar dan berarti gak lama lagi si dedek akan keluar...

Tentang perkembangan si dedek, sesuai info perkembangannya pada minggu ke 35 fungsi pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuhnya sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Si dedek sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bundanya. Berat badan si dedek sekitar 2300-2350 gram dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm. (insya Allah)

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio