Persiapan Menyusui

Brubung saat ini bunda sedang dalam masa menghadapi proses persalinan, jadi kudu rajin browsing nyari artikel tentang persiapan persalinan. Salah satunya persiapan menyusui, karena bunda pengen ngasih ASI Eksklusif buat si dedek nanti... insya Allah..
Sip, brikod ini ada beberapa langkah yang bisa sedini mungkin dilakukan untuk persiapan menyusui. Artikel ini bunda dapet via om goole :P. Semoga bermanfaat yaa...

  • Latihlah otot-otot badan yang berfungsi menopang payudara serta menunjang produksi ASI. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan duduk bersila di lantai. Tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri, tangan kiri memegang bagian lengan bawah kanan. Angkat kedua siku sehingga sejajar pundak. Tekan pegangan tangan kuat-kuat ke arah siku sehingga terada adanya tarikan pada otot dasar payudara.

  • Jagalah kebersihan diri sehari-hari termasuk payudara. Setiap mandi puting susu dan sekitarnya tidak disabuni untuk menghindari keadaan kering dan kaku.

  • Lakukan persiapan agar puting susu lentur, kuat dan tidak tersumbat. Persiapan ini perlu dilakukan setiap hari sebanyak dua kali sejak kehamilan tujuh bulan. Caranya adalah dengan mengompres puting susu selama 2-3 menit dengan kompres dibasahi minyak. Tarik dan putar puting susu ke arah luar 20 kali dan ke dalam 20 kali. Pijat daerah sekitar puting untuk membuka saluran susu. Bersihkan payudara dengan handuk lembut.

  • Konsumsi makanan bergizi, mengingat baik ibu hamil maupun menyusui butuh tambahan kalori bagi kepentingan bayinya.

  • (bersambung)
  • Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Back To Blogger

    Aulia 22 Bulan

    Ke Dokter