Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Entri [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Senin, Juli 17, 2006

Doa Syukuran Tujuh Bulanan

Hari jumat kemarin bunda bikin acara tujuh bulanan. Acaranya sederhana. Kayak syukuran gitu deh. Gak ngundang orang sekampung :) Cukup om, tante, tetangga dan keluarga dekat aja.

Yah.. namanya acara tujuh bulanan anak pertama pasti ada acara "adat-nya". Sebenarnya sih bunda gak mau pake adat-adatan segala. Bukannya gak mau menghormati acara adat cuman males aja, soalle ribet banget. Harus ginilah..gitulah. Tapi ibu, tante, om pada protes. gak boleh katanya! Makanya acara kemarin tetap ada sesi adatnya cuman yang simple2 aja. Gak pake adat komplit *nasi goreng kali yaaa.. hehehe*

pernik adatKalo yang komplit sih mesti pake baju adat lagi kayak pengantin, trus ada sesi keliling rumah sampe 7 kali. *bunda gak ngerti ah*
Acara yang simple kemarin aja bunda rasa dah ribet. Mana si ayah juga bingung hehehe. Awalnya dibacakan doa selamatan oleh "pak ustadz", sementara "pernik-pernik" adatnya dah disiapin duluan oleh ibu ahli adatnya *kalo dalam bahasa Gorontalo disebut "Hulango" yang sekaligus sebagai bidan kampung.*. Kayak disamping ini, nama-namanya bunda gak tauk :D.

nasi kuningTrus, ada nasi kuning, nasi putih, nasi merah, pisang dan ayam goreng.. srluupppp! :D
Sementara dibacakan doa selamatan, bunda disuruh masuk kamar, di suruh baring ditikar yang dipesan khusus (soalle tikarnya harus polos gak boleh ada warnanya). Trus perut bunda diurut, pokokke sidedek "menjalani prosesi adat deh". Digosok pake mayang (bakal buah pinang yang masih dalam kelopaknya itu). ..!
Dielus/diraba sama putri kecil (si Febi nih yang kepilih jadi putri kecilnya, sodara sepupunya bunda yang masih berumur 4 tahun). Yang paling seru saat si ayah harus melangkahi perut bunda, bolak-balik sampe 3 kali. .. ngeriii banget! Duuhh ...

suapan nihAbis itu, keluar kamar disuruh makan sambil suap2an nasi "bilinti" (nasi putih yang dimasak pake bumbu dicampur dengan hati ayam) dengan ayam goreng. Kalo makannya berdua sih doyan banget, tapi ini dipelototin tamu... makan apa aja pasti hambar rasanya hikss...

Setelah acara adatnya selesai, para tamu dijamu makan siang. Kebetulan hari kantor, bunda nelpon teman2 kantor untuk datang makan siang dirumah.. langsung deh diserbuu..
Alhamdulillah, acaranya berjalan lancar... ayah dan bunda rasanya plooong dan moga dedek gak kaget diobok-obok gitu.. hehehehe...

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio