Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Kamis, Maret 13, 2008

Aulia 18 Bulan

aulia 18 bulan ngemut jempol :PDiusia 18 bulan ini, aulia makin agresif, suka meniru kerjaan orang dewasa, sok mandiri gitu deh!
Sekarang aulia suka bantu 'nenek aya' (tantenya bunda) nyapu halaman, kadang suka ngikutin nenek aya dari belakang. (Ini mah bukannya mbantu malah ngrepotin yah? :D).
Seneng lari-larian/ jalan cepet pake sandal jepit. Gak kapok walopun sering jatuh, sampe pernah pipinya lecet tergores. Pake sandalnya pun dah bisa sendiri, walopun kadang masih kebalik yang kiri dan kanan. Dan kalo dikasih tauk kalo sandalnya terbalik eh.. malah cuek aja. Malah sengaja dipake terbalik trus ditunjukin ke bunda, kalo ditegur langsung lari minta dikejar! Hehehe, anakku dah pinter cari perhatian bundanya.. :P

Perkembangan bahasanya makin meningkat. Dah bisa diajak berkomunikasi, bisa bercerita tentang kejadian yang dia alami walopun dengan kata-kata yang 'aneh' dibantu dengan bahasa ekspresi dan bahasa tubuhnya. Misalnya cerita sama ayahnya kalo tadi siang terjatuh atau cerita sama oma setelah pulang dari jalan-jalan. Trus, dah ngerti perintah sederhana seperti naruh baju n celananya yang kotor ditempatnya, ngambil bantalnya di kamar, nyimpan/merapikan mainannya. Tapi tergantung mood siihhh.. hehehe.

Perbendaharaan katanya juga makin banyak. Bisa bilang min (amin) sambil mengangkat kedua tangannya (berdoa), iyaaaah (alhamdulillah) sambil mengangkat kedua tangannya dari kepala ke wajah, piss (pipis) sambil nunjukin celananya yang dah basah, puk (pup) sambil tepuk-tepuk pantatnya.. tanda dah beol, mam (makan), mim (minum), aana (celana), aduu (baju), te..te.. (teh), ppsss-ppsss (pampers/diapers), atiih (makasih).

Aulia 18 Bulan

Kebetulan minggu kemarin dibawain Tante Mila kartu huruf bergambar dari jakarta (makasih banyak ya tante mila... muacchh :x). Lumayan bisa membantu bunda untuk menstimulasi perkembangan bahasa dan daya ingat aulia. Sekarang aulia bisa nunjukin ke bunda mana gambar ayam, bebek, gajah, kuda, cicak, burung, baju, celana, sepeda, mobil, bunga, nenek, ayak, ibu, dll. Dan sebaliknya kalo bunda tanya namanya sambil tunjukin gambarnya, aulia dah bisa merespon dengan menyebut namanya walopun dengan bahasa yang blom jelas. Tentunya bunda mesti ekstra sabar.. karena anak seusia aulia blom bisa diajak konsentrasi 'belajar', jadi bunda ngajarinnya sambil bermain. Kadang mesti dibikin cerita dongeng tentang tokoh yang ada digambar lengkap dengan tiruan suaranya, itupun kalo aulia mood, kalo gak ya meski dah capek ngarang cerita dongeng aulia mah cuek bebek.. huehuehue. Sungguh luar biasa ya tugas seorang ibu!

Aulia 18 Bulan

Aulia juga mulai senang dengan buku cerita bergambar. Buku bergambar yang pernah bunda beli waktu aulia berusia 8 bulan sekarang jadi buku favorit aulia, karena walopun dah dibacakan berkali-kali tetap aja aulia minta dibacakan ceritanya dengan bahasa yang ekspresif. Kadang aulia suka meniru gaya tokoh yang ada digambar.

Perkembangan lainnya, aulia dah bisa meniru orang sholat. Kalo bunda bilang 'Allahu akbar', aulia langsung mendekap kedua tangannya didada dan mulutnya komat-kamit, lucuuuuuu banget! Ow yah, diusia 18 bulan ini aulia pernah bilang waktu mau pipis dan pup, jadi gak pipis n pup di celana. Tapi masih sering pipis n pup dulu baru bilang.. hehehe. Aulia juga suka menari-nari n loncat kalo denger musik atau dinyanyiin ayah.. :P Klipnya ada nanti deh di upload lagi :D
Pagi-pagi seneng nonton Dora n Diego, dan udah ngerti mana sinetron favorit oma (soalnya kalo dengar sountrack lagunya atau iklannya, aulia langsung merespon).
Aulia dah bisa menghitung 1-5 pake jari, atu-tuwa-(ti)daaa-(em)paaa-yimaa. Bisa minum dari gelas sendiri tanpa tumpah (gelas diisi setengah). Bisa manjat naik ke atas ranjang atau kursi sendiri tanpa dipegang.
Stt.. sampe saat ini aulia masih suka aja ngemut jempolnah... :(

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio