Duh... Sembelit !!!

Salah satu problem saat hamil adalah S.E.M.B.E.L.I.T
Bunda juga sempat ngalamin beberapa minggu kemarin. Gak bisa B.A.B selama 3 hari! Duh.. gak enak banget deh! Perut terasa serba gak nyaman. Setiap mau BAB rasanya pengen nangis ; kesal sendiri. (hehehe)
Untung bunda punya ibu yang perhatian banget dan selalu menasehati bunda untuk tetap sabar (terima kasih ya ibundaku), selalu nyiapin makanan yang berserat setiap hari, sayuran, buah dan kadang menemani bunda jalan pagi, selalu ingatin minum air putih yang banyak. (Soalle ayahnya dd jauh sih, hiks)
Mungkin temen2 lain yang lagi pregnant juga mengalami hal yang sama. Emang, menurut artikel yang bunda baca, sembelit atau konstipasi sering dialami oleh ibu hamil. Ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus kurang efisien. Hal ini mengakibatkan daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sisa makanan menumpuk dan terjadilah sembelit. Selain masalah hormonal, sembelit juga disebabkan oleh kandungan zat besi pada tablet yang dikonsumsi ibu hamil (biasanya tablet penambah darah atau vitamin ibu hamil) atau karena kebiasaan suka menahan BAB. Nah lo!

Berikut beberapa tips untuk mengatasi problem sembelit selama hamil :

  • minum air putih minimal 6-8 gelas setiap hari
  • Konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan
  • Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan pagi
  • Mendisiplinkan diri untuk BAB secara teratur setiap hari
  • Kalo masih susah BAB juga, ya konsultasi ke dokter deh ! :)

(Tips ini bunda dah coba lho, dan ternyata sukses! gak sampe konsultasi ke dokter). Setelah bisa BAB.. pengen banget teriak MERDEKA!!!! hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Back To Blogger

Aulia 22 Bulan

Ke Dokter