Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Jumat, September 21, 2007

Aulia 12 Bulan

Alhamdulillah, bulan ini aulia genap berusia satu tahun. Rasanya baru kemarin bunda berjuang melahirkannya dan mendengar tangisan pertamanya yang sampai kini masih tengiang merdu ditelinga bunda. Kini bunda sudah bisa mendengar gelak tawanya dan melihat tingkahnya yang lucu. Terima kasih ya Allah atas anugerah-Mu yang teramat indah, yang telah membuat hari-hari begitu berarti, yang telah mengajarkan aku tentang kesabaran, kasih sayang, dan telah membuat hidup ini nyaris sempurna... Ya Allah, tuntunlah aku menjadi seorang ibu yang terbaik untuk putriku, yang kelak akan membuatnya bangga terlahir sebagai anakku... Amien.

Diusia 12 bulan ini aulia makin lincah, gerakannya semakin aktif. Aulia dah bisa apa aja ya?

Yang jelas perkembangannya semakin bagus. Perkembangan motorik kasar misalnya, aulia dah bisa berdiri sendiri walopun masih sambil pegangan di kursi dan belajar merambat (jalan sendiri sambil pegangan dikursi). Sekarang gak ada lagi yang namanya duduk diam kalo dipangku, gak mau lagi digendong, maunya dititah terus, gak peduli pinggang bunda ato oma yang rasanya mau patah :D. Hanya saja, sampe sekarang aulia blom bisa merangkak! (apa emang gak akan bisa merangkak ya?). Kalo duduk n mau mengambil sesuatu, bukannya berusaha merangkak malah duduk sambil bergeser sampai bisa meraih benda yang dia inginkan :D. Dah gituh kadang aulia nih sok mandiri gak mau dibantu/dipegang kalo lagi duduk dikursi ato berdiri. Persis orang besar yang dah bisa sendiri! Gituh juga kalo lagi main sesuatu gak mau diajarin, langsung berbalik membelakangi bunda :), gemess deh liat tingkahnya! :D.

Untuk motorik halusnya, aulia dah lancar memasukkan dan mengeluarkan benda/mainan dari dan ke dalam kotak/wadah, dan kalo lagi main sambil duduk ato kalo sedang merayap trus melihat ada benda keciiiill seperti semut langsung deh dijimpit, untung gak langsung di emut. Trus aulia sukaaa banget ama label/tempelan (biasanya kalo beli baju baru) dan ditempel ditangannya.. duhh serius banget dikletekin sampe keluar ilernya :P

Perkembangan emosinya juga makin baik. Aulia dah bisa kesal loh, biasanya dia suka narik rambutnya sendiri *entah ngikut siapa nih, yang jelas bukan bundanya yaaaa! :D*, atau gak nangis sambil guling kiri-kanan dengan ekspresi marah sambil tangannya mukul-mukul dan kakinya dihentak-hentakkan. Kalo dah gitu biasanya bunda langsung gendong trus bunda tatap matanya n bunda tanya dengan wajah memelas, " aulia marah sama bunda? aulia gak sayang sama bunda?" Emosinya langsung normal lagi kalo ditatap gituh, hehehe. Dan kalo bunda meluk si kk rani, aulia langsung teriak protes dan berusaha untuk narik si kk rani dari pelukan bunda *cemburu gituh loh*.

Untuk perkembangan kognitif, aulia dah bisa merespon kalo bunda bilang sesuatu. Misalnya, "mana boneka gajah?" (matanya langsung mencari-cari boneka gajah), "ayo bawa bonekanya sini" (aulia langsung kasih bonekanya ke bunda). Udah ngerti kata larangan "jangan", misalnya kalo mau ngemut HP trus bunda bilang, "jangan nak, itu kotor!". HP-nya gak jadi diemut. Tapi larangan ini gak berlaku untuk jempolnah! hihihiy.

Trus, perkembangan bahasanya juga semakin bagus. Kalo bunda tanya :
Bunda : Aulia anak bunnn...?
Aulia : ntaa..! (bunda)
Bunda : Aulia sayang aaa...?
Aulia : waaaaah! (ayah)*kadang mulutnya dibuka lebar :P*
Bunda : Aulia cucunya oooo....?
Aulia : hhmmmaaaa! (oma)
Bunda : Yang ini namanya kepaaaa...? *sambil nunjuk kepala*
Aulia : thaaaa!
Bunda : Kalo yang ini namanya kaaaa...? *sambil pegang kakinya*
Aulia : thaaa! *hihihiy*
Dan kalo bunda nyanyi (lagu apa aja) aulia dah bisa merespon dengan menyebut suku kata terakhir meskipun hanya kata "thaaaa" ajah. Misalnya bunda nyanyi, "balonku ada li..." aulia langsung nyambung, "thaaa" dst.
Trus, kalo bunda nyanyi, "Topiiii.." (aulia langsung megang kepalanya), "sayaaaa..." (kedua tangan ditempel kedadanya), "bundaaar" (aulia melambaikan tangannya) dst..Kalo lagu "tepuk-tangan" aulia dah lancar, (tangan dikepala, dipinggang, dst).

Owiyah, giginya sekarang udah 6, (empat seri diatas - dua seri dibawah), dan 1 seri dikiri bawah dah mulai ngintip. Kalo makan dah mulai mengunyah. Makanan pokok masih bubur nasi. Cuman sekarang makannya rada susah, menunya mesti variasi kalo gak aulia gak mau makan. Kayak ikan misalnya kadang mesti diakalin dibikin perkedel kentang, kalo ikannya dimasak utuh dan dicampur dibubur nasi aulia bosan sekalipun masakannya beda (digoreng, tumis, sup). Sampe piring/mangkuk dan gelas mesti variasi, heheh! Karena pernah kejadian baru liat piringnya n blom disuapin aulia dah muntah, pas piringnya diganti eh aulia mau makan. Jadinya sekarang piring dan gelasnya juga mesti diganti-ganti :D. Gituh juga dengan bubur nasi, kadang aulia gak mau makan samsek meskipun disuapin dengan seribu satu rayuan pulau kelapa nun jauh melambai-lambai diseberang pulau :P. Tapi giliran dikasih singkong rebus ato ubi jalar rebus langsung disikat abis. (wong ndeso sih, jadi seleranya ndeso juga. wakakakak!). Kadang omanya tetap ngotot mesti makan bubur, (tradisi indonesia kan, yang namanya "makan" itu ya makan nasi) padahal aulia dah makan ubi rebus atau pisang goreng (pisang kepok) atau roti tawar (2 lembar), kalo menurut bunda sih itu dah mewakili golongan karbohidratnya.
Untuk makan ini, kadang aulia gak mau disuapin n mau nyuap sendiri. Buburnya bunda sendok dulu, trus sendoknya aulia yang pegang, bunda pegang tangannya untuk nyuapin kemulutnya. Kadang sendoknya miring, kadang buburnya tumpah sebelum masuk kemulutnya, kadang sendoknya dilempar... (bayangin aja kalo dah gini apa yang terjadi). Tapi dengan cara begini aulia malah semangat makannya. Yah.. itung-itung melatih kesabaran bunda deh hehehehe...
Trus, buah! Aulia kalo dah liat jeruk.. weew senengnya bukan main. Bagi aulia buah dah jadi makanan pokok setiap hari! Setiap abis makan, buahnya harus siap kalo gak ya 'ueeekk!'. Mana tinggalnya dikampung, kalo mau apa-apa kan belinya mesti dikota, duhh! Pernah bunda beli buah dijatah/dihitung buat persiapan selama seminggu, tapi kalo ada kk rani ato ada anak lain datang pas aulia lagi makan buah, jatahnya berkurang. :P

Aulia 12 Bulan

Catatan Gambar :
1 : "Srrlllpp.. bunda kupasin jeruknya dong!"
2 : Ekspresi kalo lagi kesal :D
3 : Hohooooo.. gaya berdiri nih! *tapi mesti dijaga kalo gak bisa ambruk, hihihiy*
4 : "Liat nih bunda, aulia dah bisa duduk sendiri kan?"
5 : "Pisang goreeeeng...!" *latihan jualan pisgor* :P
6 : Ekspresi kalo bunda bilang : "mata genitnya mannna?"
7 : Jempol masih yang the best!
8 : Gigiku dah 6 nih, manis kan kalo senyum...
9 : Lagi latihan berdiri...

Label: , ,


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio