Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Selasa, November 25, 2008

Celoteh Aulia

Sejak berusia 2 tahun, perkembangan bahasa aulia meningkat drastis. Kosa katanya makin banyak, tentunya dengan pengucapan yang masih cadel. Perkembangan bahasa aulia sangat banyak dipengaruhi dialek sehari-hari oleh orang disekitarnya ; bunda, ayah, oma, sisa iko dll..
Karena tinggal di gorontalo dan yang tinggal di rumah didominasi oleh orang asli gorontalo pastinya dialek yang diikuti aulia adalah dialek gorontalo. Walopun si ayah dialeknya masih 75% dialek jawa, tapi gak terlalu berpengaruh dalam perkembangan bahasa aulia. Awalnya sih sempat bikin aulia bingung karena perbedaan bahasa tadi. Misalnya; ayah bilangnya sandal kita bilangnya selop; trus kata sendok dan leper, gendong dan polo, jatuh dan cirih, celup dan colo *aulia kalu makan biskuit dicelup ke teh*, dan masih banyak lagi. Kata2 itu bukan bahasa daerah gorontalo loh melainkan bahasa sehari-hari yang memang banyak dipengaruhi oleh dialek manado.
Tapi akhirnya aulia lebih cenderung mengikuti dialek gorontalo *lha wong seharian diasuh omanya...!*. Kadang si ayah ketawa lucu mendengar anaknya ngomong pake dialek gorontalo, dan mau gak mau *setelah 2,5 tahun hidup di gorontalo* si ayah pun sekarang dah mantaB ngomong dengan dialek gorontalo *walopun ditelinga bunda kedengarannya fals dan jadi pengen ngakak hahaha, ops.. maap ya ayah*

Aulia Style


Mungkin agak susah ya bunda menguraikan ato menjelaskan secara detail gimana dialek gorontalo.., mungkin hanya bisa digambarkan dengan beberapa celoteh aulia seperti ini :

*Aulia, bunda dan oma sedang berbaring, trus si oma ngajak aulia nyanyi tapi aulia gak mau, akhirnya oma nyanyi sendiri lagu 'nama-nama jari'.. setelah selesai nyanyi tiba-tiba aulia nyeletuk, "waaa.. tau nyanyi dia uti!". Kalo yang mengerti dialek gorontalo pasti akan ketawa lucu mendengar celetukan aulia. Maknanya kurang lebih seperti ini : "waah.. pinter nyanyi juga dia!"

*Bunda nyuruh aulia ambil bantal dikamar karena pengen baring sambil nonton tv. Aulia mau tapi blom nyampe kamar langsung balik lagi dan ngomong ma bunda dengan wajah memelas, "bunda joooo!. Maksudnya : *Bunda aja!*

*Kalo memaksa bunda melakukan sesuatu, aulia bilangnya, "bunda... na'oooo!, capat joooo!", maksudnya : "bunda, ayoooo! *jalan*, ayoo cepat!

*Kalo minta susu, "bunda, siram kamari susu ti aulia!", maksudnya : bunda, bikinin susu si aulia!.
Di gorontalo setiap menyebut nama orang bahkan nama sendiri memakai awalan : ti (untuk perempuan) dan te (untuk laki-laki) yang artinya kurang lebih sama dengan Si fulan gituh :D

Bagi bunda sih gak masalah, yang penting aulia udah bisa berkomunikasi. Hanya saja kata si ayah, ntar kalo aulia main ke jakarta dan ngobrol ma sodara sepupunya pasti bakalan diketawain abis deh... hehehe...

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio