Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Minggu, April 13, 2008

Aulia 19 Bulan

Aulia 19 BulanAulia 19 bulan sekarang. Perkembangan Aulia yang paling menonjol diusia ini adalah motorik kasarnya. Aulia suka melompat meskipun kadang hanya bisa menghentakkan kakinya saja. Ini sangat nampak kalo aulia bermain dengan kk rani (5 th), sukanya kejar-kejaran, lari-larian, melompat, naik-turun tangga, dan main petak umpet. Bunda kadang khawatir, takut aulia jatuh atau nabrak pintu, tapi gak mungkin bunda larang karena ini memang bagian dari perkembangannya. Untuk menstimulasi motorik lainnya, ayah atau bunda (kalo weekend) mengajak aulia main lempar-lemparan bola, atau mengejar/menendang bola dihalaman. Aulia sangat merespon permainan ini walo blom mampu melempar bola dengan benar, yah namanya juga belajar! Tapi kalo menendang aulia dah bisa looh! Hihihi, mungkin karena waktu hamil bunda suka nonton piala dunia. :P. Aulia dah bisa jongkok (tanpa jatuh terduduk), bisa duduk dengan kaki lurus, duduk dengan kaki bersila, bisa tengkurap sambil nyoret kertas atau melihat2 gambar dibuku. Aulia juga suka berjalan mundur dengan kedua tangannya dikepal kebelakang! :P Ada-ada ajah.

Untuk motorik halusnya, aulia dah bisa minum sendiri dari gelas tanpa tumpah, bisa suap sendiri makanan dengan sendok (masih lebih banyak yang tumpah sih :D), bisa makan pakai garpu, bisa pakai sandal jepit sendiri walo kadang sekali-duakali masih tertukar yang kiri dan kanan, mulai belajar nyisir rambut sendiri, mulai gosok gigi pakai sikat dengan benar, bisa kumur walo masih lebih banyak yang tertelan *hehehe*, mulai belajar untuk membuka kancing bajunya, bisa angkat celananya sendiri kalo melorot (karena karet celananya dah molor dan bunda blom sempat ganti dengan yang baru, maapin bunda ya nak!)

Perkembangan bahasa; aulia dah bisa meniru suara-suara binatang seperti sapi, kambing, ayam, cicak, burung. Dah bisa mengucapkan 2-3 kata sekaligus walo masih terbatas pada kalimat yang biasa diucapkan sehari-hari misalnya "mau bobo", "mi tutu" (minta susu). Dah bisa manggil A-YAH (bukan "yaya" lagi). Kalo manggil bunda sih blom bisa (hiks). Aulia manggil bunda dengan "Bak!" padahal bunda pengeeeeeeen banget dipanggil "BUN-DA". *Hehehe maksa banget yah.. aulia kan masih dalam tahap belajar!* Kalo liat iklan SCTV, aulia langsung merespon dengan menyebut kata "muaaaaa" (baca: satu untuk semua). Untuk menstimulasi perkembangan bahasanya, oma, bunda dan ayah disaat bermain bersama aulia sering merangsangnya dengan bercerita sambil bertanya. Tapi ya itu, namanya aulia kadang merespon kadang cuek beibeeh hehehehe.
Eh, aulia juga dah ngerti bahasa gorontalo loh! Biasanya bunda nanya sama ibu apa aulia udah minum susu apa blom. Dan biar gak nyebut kata "susu", bunda menyebutnya dengan kata "putih" tapi dalam bahasa gorontalo,"Ma, aulia ma lo ngilu moputi'o?" ("Ma, aulia dah minum putih?"). Aulia langsung nyahut, "tutuuuu". Gitu juga kalo dah turun hujan, aulia nunjuk keluar (kehujan) dan bilang "didi...! didi..! (hujan bahasa gorontalonya 'didi'). Hehehehe...

Perkembangan lainnya, aulia dah bisa bilang "Pu" (pup) kalo mau beol (ini nih yang bikin oma bangga, cieeh). Kalo pipis mah kadang bilang dan kadang pipis dulu baru bilang. Tapi kalo aulia lagi duduk dipangkuan bunda atau siapa aja dan mau pipis pasti aulia minta turun dulu baru pipis. Pinterr! (Secara sehari-harinya aulia gak pake diapers, kecuali kalo bepergian). Dan aulia dah tauk kalo abis pipis, celana bekas pipisnya ditaruh ditempatnya.

Owiyah, mper lupa. Hari kamis sore, tgl 10 April kemarin aulia diajak ke DSA karena gak mau makan sama sekali. Minggu sebelumnya, hari jumat-sabtu badan aulia panas, tapi setelah diberi obat penurun panas, alhamdulillah panasnya turun. Tapi abis itu gak mau makan sama sekali, sampe bunda ngalah n dibawa ke DSA. Setelah diperiksa ternyata aulia kena radang tenggorokan makanya gak mau makan karena sakit nelan. Oleh DSA dikasih (lagi-lagi) antibiotik dan obat radang sama vitamin, dan oleh bunda cuman dikasih vitaminnya aja. Itupun dengan pertimbangan aulia gak mau makan.
Alhamdulillah, sekarang aulia mau makan lagi, meskipun masih pake bujuk rayu dan seribu satu cerita dan alasan biar mau buka mulutnya. Kalo soal makanan, aulia saat ini paling doyan makan pisang goreng dan bakso ayam. :P So, tiap sore pasti jajan pisang goreng buat makan malam aulia :)

Label:


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio