Updates!





 


 

 

 

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]

Catatan Ultah Aulia
Catatan Ultah Farisya



Rabu, Oktober 15, 2008

Catatan Lebaran

Akhirnya bisa nongol lagi disini dengan catatan lebaran. Secara abis lebaran (pas besokx mau masuk kantor) bunda sakit telinga gara-gara cotton buds. Sampe gak masuk kantor 5 hari. Alhamdulillah, setelah 2 kali ke Dr.THT sekarang udah baik lagi deh :). Ok, berikut cerita lebaran aulia yang sempat bunda catat.. hanya saja bunda cuman sempat mengabadikan beberapa foto aja. Kadang suka lupa :)

1. Malam Tumbilotohe (Pasang Lampu)
Di Gorontalo ada tradisi Pasang Lampu menjelang Lebaran. Biasanya 4-5 malam terakhir Ramadhan. Setiap rumah berpartisipasi memasang lampu minyak yang dijejer sedemikian rupa didepan rumah/dipinggir jalan. Namanya juga tradisi jadi semua merasa HARUS memasang lampu ini meskipun untuk mendapatkan minyak tanah sangaaat susah. Menurut kepercayaan dari para tetua, kalo rumah yang tidak memasang lampu maka 'lailatul qadar' tidak akan mampir dirumahnya. So, semua berlomba-lomba memasang lampu biar rumahnya bisa didatangi 'lailatul qadar'.

Tapi kalo menurut bunda sih (logikanya ya), jaman dulu kan blom ada listrik, trus menjelang lebaran semua pasti sibuk menyambut idul fitri. Kebiasaan disini kalo mau lebaran setiap rumah pasti bersih-bersih, rumah dicat, gorden di ganti (meskipun bukan dgn yg baru). Pokokke suasananya bedaaa banget dgn hari-hari biasa. Persiapannya seperti orang mau hajatan deh. Naah..., biar jalanan tidak gelap jadi dipasang lampu di depan rumah untuk menerangi jalan gituuu.. hehe.. benar gak ya. entahlah. Yang jelas tradisi ini menjadi event yang ikut meramaikan suasana menjelang lebaran, yang selalu bikin kangen untuk bisa lebaran di gorontalo.
Karena event ini di lombakan (Festival Tumbilotohe) jadi ditempat-tempat tertentu dipasang (sampe ratusan) lampu minyak dengan bentuk sedemikian rupa sehingga malam pertama-kedua Tumbilotohe ini jalanan di gorontalo pada macet total melebihi macetnya jakarta!

Gambar diambil dari sini

Tapi sayang, Aulia gak sempat ikut menyaksikan malam Tumbilotohe, secara bunda udah merencanakan di malam kedua untuk mengajak aulia jalan-jalan. Cuman pas mau jalan, tiba-tiba Aulia mengeluh sakit perut. Bibirnya dah pucat dan keringat dingin menahan sakit. Dan ternyata menurut bapu kuni (tetangga aulia), aulia "Yilanggu". Bunda susah membahasakan atau menjelaskan artinya. Yang jelas, setelah "dilanggu" (diobatin yilanggu) ini, sakit perutnya ilang. Bener lo! Ini kejadian! Percaya gak percaya... wallahu 'alam deh :)
Alhasil, di malam ke-tiga aulia hanya bisa menyaksikan tumbilotohe diseputaran kampung aja.

2. Aulia Sholat Ied
Di Hari Raya Idul Fitri ini Aulia pertama kali ikutan sholat ied. Karena ditempat kami sholat ied-nya dilaksanakan di masjid jadi ini pun pertama kali aulia ke masjid. Sebenarnya bunda masih ragu mau ngajak aulia ikutan ke masjid, takutnya nanti malah mengganggu kekhusukan orang sholat. Tapi karena bunda udah terlanjur janji sama Aulia dan Aulia pun seperti penuh semangat menunggu waktu yang dijanjikan, ya diajak deh. Namun sebelumnya udah di'bekali' dengan 1001 pesan, udah latihan sholat tanpa mengganggu bunda, dll. Sip! Semuanya OK!
Tiba hari lebaran, pagi-pagi aulia dah bikin orang serumah heboh kayak orang yang mau diajak kebulan aja!

"Aulia pigi majit! Soyaat! Awaa...abat!".(Aulia pergi ke masjid! Mau sholat! Allahu Akbar!).
"Budaaa.. Au pake cipu! Pake jibat!" (Bunda...Aulia mau pakai cipu (mukena), Pake jilbab!)

Setelah siap-siap, jam 6.15 kita ke masjid. Aulia keliatan senaaang banget! Palagi pake mukena baru! Setelah sampe masjid kita dapat tempat didalam, (karena masjidnya kecil, sebagian jamaah kebagian tempat dihalaman masjid). Pas bunda mau sholat sunat (tahiyatul masjid) aulia mulai keliatan paniknya, karena waktu masuk masjid jadi perhatian sebagian orang :)). Paksa deh gak jadi sunatan.

Setelah 15 menit pertama dimasjid aulia mulai cemberut. *Bosan kali abis cuman datang n duduk. Gak ada aktivitas lari-lari hihihi*. Menjelang sholat dimulai (karena dikampung, jadi masih ada sambutan2 dari aparat desa), aulia mulai mewek deh!. Alhasil saat sholat akan dimulai aulia minta pulang. Seribu satu rayuan dan bujukan yang meluncur dari mulut bunda gak bikin aulia tenang. Bunda mau berdiri sholat aulia malah narik2 mukena bunda. Yaah... karena sudah takbir ke-lima dan jamaah mulai khusuk, paksa deh bunda duduk aja dan menemani aulia.. Gagal deh sholat ied pertama aulia...

Kopdaran Blogger3. Buka-buka dan Kopdaran Blogger.
Gak lengkap deh fitrinya kalo lebaran gak silaturahmi ke sanak family dan keluarga. Kalo digorontalo namanya "Buka-Buka Toples" Hihihi. Aulia ikutan buka-buka juga dong. Karena disini gak ada sanak familynya ayah, jadi 'buka-buka'-nya ya ke familynya bunda, ke oma haji, oma yeni, trus ikutan acara 'open house'-nya kantor bunda dirumah ibu Kepala LPMP dan Kepala Seksi. Lengkap dengan zakatinya! Lumayan looo.. aulia bisa dapat zakati sampe 110rb. Hehehehe. Tapi acara 'buka-buka' ini nanti pada hari kedua-ketiga lebaran. Hari pertama kita dirumah aja. Secara kan omanya aulia anak yang pertama, jadi standbye dirumah aja nunggu kunjungan :P. Trus dihari pertama ini, bunda dan oma bikin masakan special dirumah. Specialnya buat kita sekeluarga (sesuai selera gitu loh). Bunda menyesuaikan dengan selera ayah sebagai pengobat hati yang gak mudik, kita bikin ketupat, opor ayam, sambal goreng hati dan kentang lengkap dengan petai yang gak ada dijual dipasar sini.(dapetnya di gelael), dan "..... tempe" (lupa namanya! hehehe. dasar!). Persis masakan saat lebaran di pekalongan sana. (resepnya asli dari ibu dipekalongan juga loh). Trus ada 'kuah bugis' kesukaan kk yoo (kk-nya bunda), soto ayam kesukaan oma, dan tinutuan (bubur manado) kesukaan sa-iko (dd-nya bunda). Komplit deh! Tamu yang datang aja bingung mau makan yang mana.. hehehe

Trus, gak lengkap juga jadi bloggers kalo gak kopdaran. Brubung Shaina sekeluarga mudik lebaran di gorontalo jadi kita sempatkan untuk ketemu. Lebaran kedua kita datang ke tempat shaina. Pas nyampe, ternyata shaina lagi bobok.. Jadi nunggu deh, sampe kita makan siang bareng.. hehehe... Makasih ya Mama Shaina, moga besok2 bisa ketemuan lagi!

Label: ,


------------------------------------------------------------
 
about us   l  gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio